Mommy Bear’s Morning Thoughts: My Wallet Friendly Stress Reliever (Bilingual)

Good morning happy folks!

I (Mommy Bear) had conversations with my not-so-little-Brother a few weeks ago when I stayed at his house. We talked about how to overcome our stress without having to spend money, among other things. I go to my brother’s house quite often, since it’s not far from my office, in the Center of Jakarta. Especially last week, when nobody could look after Izzy Bear for more than a week from Monday to Friday at 7 AM to 4 PM. I almost put Izzy in the baby day care, but my Brother suggested to bring Izzy to his house every morning, before I go to work.

Yes, both Mommy and Daddy Bear still had to go to work. Therefore, I woke up even earlier than usual; I had to prepare Izzy, Izzy’s food, clothes, little toys or plushes, then get ready to travel all by myself to drop off Izzy at my brother’s house. His home is quite far, 16 km away from our house, and it takes approximately 30 minutes to get there (I always takes toll, no morning traffic). I go to work, another 30 minutes, afterwards (this time the traffic jam was included). 

We normally have my Aunty, whom we flew out here from Sulawesi in order to look after Izzy when we are away. But not for the past 10 days since she went to Mecca, for Umroh with my Mom and my Brother’s Mother-in-law. If you are wondering why we haven't hired a nanny yet, it's because I still don’t trust a stranger to take care of my baby at her early age without my family's supervision. We are planning to hire a nanny after the Eid holiday, and my aunty will still be there for the time being. If you ask, where is my Mom? She is still busy with her own career and has her own small business in Sulawesi. So my aunty from my Dad’s side is happy to help us. She was the one who actually helped my Mom to look after me when my Mom was still busy with her thesis back then. So she is also like my Mom. Me and my brother talked about our life as parents and how we manage to be okay even during our hectic day or stressful day. It reminds me of how my mom juggled her life. 

Izzy the Wander Bear - How To Overcome Stress

As a working Mom, I’m not always there for Izzy Bear 24/7, thus I always try to give her the best effort I can in my not-full-time Mom’s time. I know I can’t give her the quantity, but I keep trying to give her the quality she deserves. So in the morning, Daddy Bear and I routinely prepare and cook her fresh solid food. I also change her diaper, wash her face, and hold her for a bit before showering, getting ready, and going off to work. When we come home, we always try to be around her, play and interact with her. The time when I had to drop her off at my brother’s house before heading to my office, those were more complicated, and were the busiest mornings.

Anyway, I’m used to working in a fast paced environment that requires me to make snap decisions, and at the same time doing things accurately, effectively, and efficiently. I don’t mind having busy days, full with tasks and trials. I even prefer to make myself busy during my off time. For example: I’m writing this blog or editing my video for my vlog while breastfeeding Izzy Bear. I do nothing only when I sleep. I can probably say I love being busy. Don’t get me wrong, it does make me stressed sometimes, but I do enjoy keeping myself ‘busy’. It’s not the busy me that gave me stress, but it’s more like when I make mistakes, or I miss something, even a little thing. I guess the anxiety of not doing everything right as I plan is the main cause of my stress. But when I do make mistakes, that normally makes me feel like I’m the most calamitous moron. How could I miss it!? I keep overthinking it, and getting myself stressed about my stupidity. I just hate making mistakes.

My baby brother is a dentist and an entrepreneur. He is also a workaholic: he is even worse than me. He can't even enjoy a holiday. I think he is a bit similar to my late Dad. My Dad prefered to stay in the hotel room reading his books when in Bali. He enjoyed reading books more than sightseeing. My brother prefers to work rather than go on holiday. Even when he was in Bali with his wife and children, he couldn’t take his mind off work. When we had a family vacation, he prefered to pay for his wife, children and mother-in-law’s tickets and accommodation to join, but he refused to join us. He said he dislikes the feeling when he’s not working - Holidays always ruin his working rhythm. He’s an ambitious person and a perfectionist, and I can say I’m a bit of a perfectionist too, and I think we got it from our Mom. 

I don’t like procrastination - I even hold my pee for the sake of finishing my tasks. My husband is also a workaholic, and he is a perfectionist if it comes to work. All of us always want to give the best on everything we do, and when everything doesn’t go as we expected, or when we make mistakes, we tend to get stressed easily. For myself, I don’t get stressed for random things, I only get stressed when I make mistakes - I overthink it and tend to beat myself up. As an extrovert person, when I’m happy, I love to share it. But when life is a bit harder, I get sad but I don’t really show it. That leads my subconscious mind to get stressed, although I don’t realize it sometimes that I’m stressed out.

My husband hates making mistakes too, but he also has a short-fuse and doesn’t like to be told that it’s his mistake. He gets stressed because of it. Luckily my husband knows how to extinguish his fire, to switch his bad mood to an okay mood quite quickly, and he also has a hobby he loves which is cheap, and that can release his stress faster. Video games, or any kind of games. He can just play his games in our room and put his stress away easily. 

My brother gets stressed over his work quite often. He said he always sets his target everyday: if he can have 10 patients for braces in a day, it will make his day. That’s his target. But he normally gets a bit stressed when he can’t achieve his target, or when he only had 2-3 patients for braces everyday. He realizes that number is quite good for other dentists, that probably don’t get any patients in a week, or even a month. He understands that he should be more grateful about it, but the stress still gets him. He also gets stressed when he gets annoying patients several times in a row. He realized that he has become more sensitive, and always has the urge to spill it out by getting mad to his closest family. He understands that it’s not right, he feels bad to affect his closest family members with it. He always feels like he just needs to release it. He then thought he needs to do something. He finally found his his own method to overcome his stress, it is having his own space in his office room at home. Just laying down and thinking about nothing. Since he doesn’t have any interest to do his hobbies when he gets stressed: watching football or playing football video games. 

That's pretty much the same as me, when I get stressed I don’t have the mood to sing, I lose the energy to dance and cannot think straight, and normally lose the ideas for writing or drawing. The only stress cure for me is traveling or staycation, and it’s arguably not cheap. Daddy Bear once said that I really need to find a cheaper stress reliever, an economical one and the easier ones. And I think I finally found it! Staring at Izzy’s perfect, innocent face, watching her sleeping. She is definitely my remedy. Hope you find yours!  <3

Izzy the Wander Bear - How to overcome stress
——————————
Judul: “Pemikiran Mommy Bear: Pengatas Stres Saya Yang Bersahabat Dengan Dompet”


Selamat pagi pemirsa yang berbahagia!

Saya (Mommy Bear) mengobrol dengan Adik lelaki saya yang sudah tidak kecil lagi beberapa minggu yang lalu ketika saya menginap di rumahnya. Kami berbincang mengenai bagaimana mengatasi stres tanpa harus mengeluarkan uang, serta hal lainnya. Saya sering pergi ke rumah adik laki-laki saya, karena tidak jauh dari kantor saya, di Jakarta Pusat. Terutama minggu lalu, ketika tidak ada yang bisa menjaga Izzy Bear selama lebih dari seminggu dari Senin sampai Jumat pukul 7 pagi hingga 4 sore. Saya hampir menempatkan Izzy di penitipan bayi, tetapi Adik saya menyarankan untuk membawa Izzy ke rumahnya setiap pagi, sebelum saya pergi bekerja.

Ya, Mommy dan Daddy Bear tetap harus pergi bekerja. Karena itu, saya bangun lebih awal dari biasanya; Saya harus menyiapkan Izzy, makanan, pakaian, mainan kecil atau boneka Izzy, lalu bersiap-siap untuk bepergian sendirian untuk mengantar Izzy ke rumah adik saya. Rumahnya cukup jauh, 16 km dari rumah kami, dan dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai di sana (saya selalu naik tol, tidak macet di pagi hari). Setelah itu saya pergi bekerja, 30 menit lagi (kali ini termasuk macetnya).

Biasanya kami ada Tante saya, yang kami terbangkan ke sini dari Sulawesi untuk menjaga Izzy ketika kami pergi. Tapi tidak selama 10 hari terakhir sejak dia pergi ke Mekah, untuk Umroh dengan Bunda saya dan Ibu mertua Adik saya. Jika kamu bertanya-tanya mengapa kami belum mempekerjakan seorang pengasuh, itu karena saya masih tidak mempercayai orang asing untuk merawat bayi saya di usia dini tanpa pengawasan keluarga saya. Kami berencana untuk mempekerjakan pengasuh setelah liburan Idul Fitri, dan tante saya akan tetap ada untuk sementara waktu. Jika kamu bertanya, di mana Bunda saya? Dia masih sibuk dengan karirnya sendiri dan memiliki usaha kecil di Sulawesi. Jadi tante saya dari pihak Ayah dengan senang hati membantu kami. Dia sebenarnya adalah orang yang membantu Bunda saya menjaga saya ketika Bunda saya masih sibuk dengan tesisnya saat itu. Jadi dia juga seperti Ibu saya. Saya dan adik lelaki saya berbicara tentang kehidupan kami sebagai orang tua dan bagaimana kami dapat menjadi baik-baik saja bahkan ketika hari kami sangat sibuk atau penuh tekanan. Itu mengingatkan saya pada bagaimana Bunda saya mengatur hidupnya.

Sebagai seorang ibu yang bekerja, saya tidak selalu ada untuk Izzy Bear 24/7, jadi saya selalu berusaha untuk memberikan usaha terbaik yang saya bisa dalam waktu saya yang bukan full-time Mom. Saya tahu saya tidak bisa memberikan kuantitasnya, tetapi saya terus berusaha memberikan kualitas yang layak untuk Izzy. Jadi di pagi hari, Daddy Bear dan saya secara rutin menyiapkan dan memasak makanan pendamping asi (Mpasi). Saya juga mengganti popoknya, mencuci wajahnya, dan memegangnya sebentar sebelum mandi, bersiap-siap, dan pergi bekerja. Ketika kami pulang, kami selalu berusaha berada di dekatnya, bermain dan berinteraksi dengannya. Lebih rumit ketika saya harus mengantar Izzy ke rumah adik laki-laki saya sebelum berangkat ke kantor saya, dan itu merupakan pagi yang paling sibuk.

Ngomong-ngomong, saya terbiasa bekerja di lingkungan yang serba cepat yang mengharuskan saya membuat keputusan cepat, dan pada saat yang sama melakukan hal-hal secara akurat, efektif, dan efisien. Saya tidak keberatan mengalami hari-hari yang sibuk, penuh dengan tugas dan cobaan. Saya bahkan lebih suka membuat diri saya sibuk di waktu luang saya. Misalnya: Saya menulis blog ini atau mengedit video saya untuk vlog saya saat menyusui Izzy Bear. Saya tidak melakukan apa-apa hanya ketika saya tidur.  Saya mungkin bisa mengatakan saya suka menyibukkan diri. Jangan salah paham, itu kadang membuat saya stres, tapi saya senang menjaga diri saya 'sibuk'.  Bukan kesibukan saya yang membuat saya stres, tetapi lebih ke ketika saya melakukan kesalahan, atau saya melupakan sesuatu, bahkan sesuatu yang kecil. Saya rasa kegelisahan karena tidak melakukan segalanya dengan benar sesuai rencana saya adalah penyebab utama stres saya. Tetapi ketika saya melakukan kesalahan, itu biasanya membuat saya merasa seperti orang tolol yang paling merugikan. Kok saya bisa melakukan kesalahan itu!? Saya terus memikirkannya, dan membuat diri saya stres tentang kebodohan saya. Saya benci membuat kesalahan.

Adik laki-laki saya adalah seorang dokter gigi dan pengusaha. Dia juga pecandu kerja: dia bahkan lebih parah dari saya. Dia bahkan tidak bisa menikmati liburan. Saya pikir dia agak mirip dengan almarhum Ayah saya. Ayah saya lebih suka tinggal di kamar hotel membaca buku-bukunya ketika di Bali. Dia menikmati membaca buku lebih dari sekadar jalan-jalan. Adik saya lebih memilih bekerja daripada pergi berlibur. Bahkan ketika dia berada di Bali bersama istri dan anak-anaknya, dia tidak dapat mengalihkan pikirannya dari pekerjaan. Ketika kami sedang liburan sekeluarga, dia lebih memilih untuk membayarkan tiket, dan akomodasi istri, anak-anaknya dan mertuanya untuk bergabung, tetapi ia menolak untuk bergabung dengan kami.  Dia bilang dia tidak suka perasaan yang dia alami ketika dia tidak bekerja - Liburan selalu merusak ritme kerjanya. Dia adalah orang yang ambisius dan perfeksionis, dan saya dapat mengatakan saya agak perfeksionis juga, dan saya rasa kami mendapatkannya dari ibu kami.

Saya tidak suka menunda-nunda - saya bahkan menahan kencing demi menyelesaikan tugas saya. Suami saya juga gila kerja, dan dia perfeksionis jika berhasil. Kita semua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk semua yang kita kerjakan, dan ketika semuanya tidak berjalan seperti yang kita harapkan, atau ketika kita melakukan kesalahan, kita cenderung mudah stres. Bagi saya sendiri, saya tidak stres karena hal-hal sembarangan, saya hanya stres ketika melakukan kesalahan - saya terlalu memikirkannya dan cenderung menyalahkan diri sendiri. Sebagai orang yang ekstrovert, ketika saya bahagia, saya suka membagikannya. Tapi ketika hidup sedikit sulit, saya sedih tetapi saya tidak benar-benar menunjukkannya. Itu membuat pikiran alam bawah sadar saya menjadi stres, meskipun kadang-kadang saya tidak sadar bahwa saya sedang stres.

Suami saya juga benci membuat kesalahan, tetapi ia juga sumbu pendek dan tidak suka diberi tahu bahwa itu adalah kesalahannya. Dia stres karena itu. Untungnya, suami saya tahu cara memadamkan apinya, untuk mengubah suasana hatinya yang buruk menjadi suasana hati yang baik dengan cepat, dan ia juga memiliki hobi murah yang ia sukai, dan itu dapat melepaskan stresnya lebih cepat. Video game, atau segala jenis game. Dia bisa memainkan permainannya di kamar kami dan menghilangkan stresnya dengan mudah.

Adikku sering stres karena pekerjaannya. Dia mengatakan dia selalu menetapkan targetnya setiap hari: jika dia dapat memiliki 10 pasien untuk kawat gigi dalam sehari, itu akan membuar harinya indah. Itu targetnya. Tapi dia biasanya sedikit stres ketika dia tidak dapat mencapai targetnya, atau ketika dia hanya memiliki 2-3 pasien untuk kawat gigi setiap hari. Diapun menyadari bahwa jumlah itu cukup baik untuk dokter gigi lain, yang mungkin tidak mendapatkan pasien dalam seminggu, atau bahkan sebulan. Dia mengerti bahwa dia harus lebih bersyukur tentang hal itu, tapi stres masih menimpanya. Dia juga menjadi stres ketika dia mendapat pasien yang menyebalkan beberapa kali secara berturut-turut. Dia menyadari bahwa dia telah menjadi lebih sensitif, dan selalu memiliki keinginan untuk melampiaskan amarahnya ke keluarga terdekatnya. Dia sadar bahwa itu tidak baik, dia merasa tidak enak membuat anggota keluarga terdekat jadi kena imbas. Dia selalu merasa sepertinya dia hanya perlu melepaskannya. Kemudian dia berfikir dia harus melakukan sesuatu. Akhirnya dia menemukan metode sendiri untuk mengatasi stresnya, yaitu berada di ruang kantornya di rumahnya sendirian. Hanya berbaring dan tidak memikirkan apa-apa. Karena dia tidak tertarik untuk melakukan hobinya ketika dia stres: menonton sepakbola atau bermain video game sepakbola.

Itu hampir sama dengan saya, ketika saya stres saya tidak punya hasrat untuk bernyanyi, saya kehilangan energi untuk menari dan tidak bisa berpikir jernih, dan biasanya kehilangan ide untuk menulis atau menggambar. Satu-satunya obat stres bagi saya adalah bepergian atau staycation menginap di hotel, dan itu bisa dibilang tidak murah. Daddy Bear pernah berkata bahwa saya benar-benar perlu menemukan penghilang stres yang lebih murah, yang ekonomis dan yang lebih mudah. Dan saya rasa akhirnya saya menemukannya! Menatap wajah Izzy yang sempurna dan polos, mengawasinya tidur. Dia adalah obat saya. Semoga kamu pun menemukan obat stresmu!  <3


Comments