Mommy Bear’s Morning Thoughts: Jack Of All Trades (Bilingual)

Baby Izzy is 8 months old. She's been pushing up her body, and bounce-bounce-bouncing as if she was dancing for over a month. She also likes to shake her head to the left and right, like she's making herself dizzy. She had also started babbling and singing in her own way when we play her some music. Not forgetting to mention that Izzy also loves to check her books, though she cannot read yet. Is she going to be like Mommy?

Izzy the Wander Bear - Mommy Bear’s Morning Thoughts - Jack all of trades

Singing and dancing have been passions of mine since I was little, with reading, drawing, designing, and of course writing being things I have always enjoyed doing. I am quite good at creating and decorating things too (see the picture above, I made my own hampers). However these sometimes come and go: sometimes I’m up for it, sometimes I’m not. It’s not like I got bored per se, but I feel like I want to do something else. I love learning new things, and I'd like to say I’m a fast learner. But the problem with taking things on quickly, so many things, is that I quickly find something else to do reasonably well, but I never stick with anything long enough to master it. Jack of all trades, master of none I suppose.

I love singing, but I’m not a singer. I love dancing, but I’m not a dancer. I love writing, I don’t have my own book and I can’t call myself an author. I love reading, but I’m not overly knowledgeable I would say. I love designing, but sadly, I’m not a designer. I love drawing, but that’s it. I’m not an architect. It leaves me as the master of none.

Kiu ĉasas du leporojn, kaptas neniun - (Esperanto) "Who chases two jackrabbits catches none."

Some perhaps think that having multiple ‘alright’ talents is great, since it gives you some party tricks, or means you can apply what you have learned over the years pretty well. It's actually very useful to be able to get up and sing in a competition, and dancing with my daughter is great fun. But these things won't get a paycheck, or a degree, unless you really are exceptional.

多芸は無芸 - (Japanese) "Many talents is no talent"

As I grew up, I began to think that I should have chosen to follow one of my passions, rather than trying to do all. Some said because I’m good at drawing, designing and building a diorama, I would have been a good architect. Focusing on one skill could've led to that future, potentially as a successful designer and architect. Likewise if I'd focused on my singing, or writing, or dancing - a career could've built itself up out of the individual talents. Maybe I could have been the master of something. It’s a bit too late for me to change my path. At least I can learn from my mistakes.

Un océano de conocimiento de una pulgada de profundidad - (Spanish) "An ocean of knowledge of an inch deep"

My first job was a radio broadcaster and MC, not an architect. This meant I had to use multiple talents at the same time to make a living, and I enjoyed it. Talking, writing, performing - all good skills, but none necessarily mastered. But I still thought I was in my comfort zone, and it couldn't be my career with a law degree. So I decided to stop doing that. I needed to narrow down. My Dad wanted me to be a doctor, but since I have a fear of blood, he then said if I cannot be a doctor it would be better if I studied law. He always thought I could be a wise judge one day. Though I prefered to be a lawyer, but perhaps because I didn't focus on being a lawyer, that's why I'm not one now.

With that all said though, I can't regret too much. As a new parent, I need to learn from so many parenting sources (e.g. Pediatrician, books, seminars, my mother, sisters, friends’ information). On the other side, I also need to learn from my own experiences. I will try to avoid making the same bad decisions I made in the past, and only take and implement the good ones. I want to be the parent that Izzy deserves to have. I want to be there for her, give her the best advice I can give, and support her in every decision she makes (I’m sure every parent wishes to do the same thing). Having a broad array of skills would be invaluable in providing opportunities to help Izzy develop herself as a person, and to help her to build interest in multiple different areas, rather than just one. It will also allow me to bond more with Izzy: even though I didn’t master one skill and make a career out of it, at least my many skills have helped me to get to this point. I'll be able to practise my multiple not quite perfect skills throughout her childhood, and even beyond!

I really hope it will help me to be the best parent I can be, and will help Izzy to choose her career path that suits her the best one day. Mastering one of these skills would certainly have put me on a different career path to who knows where, but thank goodness I didn't! Being the Jack of all trades isn't so bad really.

Tusenkonstnär - (Swedish) "Thousand tasks artist"

——————————

Judul: “Pemikiran Mommy Bear: Jack Of All Trades”

Baby Izzy berusia 8 bulan. Dia mendorong tubuhnya, dan sudah lebih dari sebulan memantul-memantul-memantul seolah-olah dia menari. Dia juga suka menggelengkan kepalanya ke kiri dan ke kanan, seperti membuat dirinya pusing. Dia juga mulai mengoceh dan bernyanyi dengan caranya sendiri ketika kami memainkannya musik. Tidak lupa saya sebutkan bahwa Izzy juga suka memeriksa buku-bukunya, meskipun dia belum bisa membaca. Apakah dia akan menjadi seperti Mommy?

Menyanyi dan menari telah menjadi kegemaran saya sejak saya masih kecil, membaca, menggambar, mendesain, dan tentu saja menulis menjadi hal yang selalu saya sukai. Saya cukup bagus dalam menciptakan dan mendekor banyak hal juga (lihat gambar di atas, saya membuat bingkisan saya sendiri). Namun hal ini terkadang datang dan pergi: kadang-kadang saya semangat untuk itu, kadang-kadang tidak. Bukannya saya bosan sendiri, tetapi saya merasa ingin melakukan hal lain. Saya suka belajar hal-hal baru, dan saya dapat mengatakan bahwa saya adalah seorang pembelajar yang cepat. Tetapi yang menjadi masalah apabila kita menangkap sesuatu dengan cepat, banyak hal, adalah bahwa saya dengan cepat menemukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan cukup baik, tetapi saya tidak pernah bertahan dengan sesuatu yang cukup lama untuk menguasainya. Saya rasa semacam Jack of all trades, master of none.

Saya suka bernyanyi, tapi saya bukan penyanyi. Saya suka menari, tapi saya bukan penari. Saya suka menulis, saya tidak punya buku sendiri dan saya tidak bisa menyebut diri saya seorang penulis. Saya suka membaca, tapi dapat saya katakan, saya tidak terlalu berpengetahuan. Saya suka mendesain, tapi sayangnya, saya bukan seorang desainer. Saya suka menggambar, tapi hanya itu. Saya bukan seorang arsitek. Itu membuat saya sebagai ahli tidak ada.

Kiu ĉasas du leporojn, kaptas neniun - (Esperanto) "Yang mengejar dua jackrabbits tidak menangkap apa pun."

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa memiliki banyak talenta yang ‘lumayan’' itu bagus, karena memberi kamu beberapa trik, atau berarti kamu dapat menerapkan apa yang telah kamu pelajari selama bertahun-tahun dengan cukup baik. Sebenarnya sangat berguna untuk bisa bangun dan bernyanyi dalam sebuah kompetisi, dan menari dengan putri saya sangat menyenangkan. Tetapi hal-hal ini tidak membuat saya akan mendapatkan gaji, atau gelar, kecuali kalau kamu benar-benar luar biasa.

多 芸 は 無 芸 - (Jepang) "Banyak bakat bukanlah bakat"

Ketika saya tumbuh dewasa, saya mulai berpikir bahwa saya seharusnya memilih untuk menekuni salah satu keinginan hidup saya, daripada mencoba melakukan semua. Beberapa mengatakan karena saya pandai menggambar, merancang dan membangun diorama, saya akan menjadi arsitek yang baik. Berfokus pada satu keterampilan bisa mengarah ke masa depan itu, berpotensi sebagai desainer dan arsitek yang sukses. Demikian juga jika saya fokus pada nyanyian saya, atau menulis, atau menari - karier tidak bisa membangun diri hanya dari bakat individu. Mungkin saya bisa menjadi ahli sesuatu. Agak terlambat bagi saya untuk mengubah jalur saya. Setidaknya saya bisa belajar dari kesalahan saya.

Un océano de conocimiento de una pulgada de profundidad - (Spanyol) "Lautan pengetahuan sedalam satu inchi” 

Pekerjaan pertama saya adalah penyiar radio dan MC, bukan seorang arsitek. Ini berarti saya harus menggunakan banyak talenta pada saat yang sama untuk mencari nafkah, dan saya menikmatinya. Berbicara, menulis, berperforma - semua keterampilan yang baik, tetapi tidak ada yang benar-benar dikuasai. Namun saya waktu itu masih berpikir saya berada di zona nyaman saya, dan hal itu tidak mungkin membangun karier saya yang bergelar sarjana hukum. Jadi saya memutuskan untuk berhenti melakukan itu. Saya perlu mempersempit. Ayah saya ingin saya menjadi dokter, tetapi karena saya takut darah, dia kemudian berkata jika saya tidak bisa menjadi dokter, akan lebih baik jika saya belajar hukum. Dia selalu berpikir saya bisa menjadi hakim yang bijak suatu hari nanti. Meskipun saya lebih tertarik menjadi pengacara, tapi mungkin karena saya tidak fokus menjadi pengacara, itu sebabnya saya bukan pengacara sekarang.

Dengan semua yang dikatakan, saya tidak bisa terlalu menyesal. Sebagai orang tua baru, saya perlu belajar dari banyak sumber pengasuhan anak (mis. Dokter Anak, buku, seminar, informasi ibu, saudara perempuan, teman saya). Di sisi lain, saya juga perlu belajar dari pengalaman saya sendiri. Saya akan mencoba untuk menghindari membuat keputusan buruk yang sama yang saya buat di masa lalu, dan hanya mengambil dan mengimplementasikan yang baik. Saya ingin menjadi orangtua yang pantas dimiliki Izzy. Saya ingin berada di sana untuknya, memberikan nasihat terbaik yang dapat saya berikan, dan mendukungnya dalam setiap keputusan yang dia buat (saya yakin setiap orang tua ingin melakukan hal yang sama). Memiliki beragam keterampilan akan sangat berharga dalam memberikan peluang untuk membantu Izzy mengembangkan dirinya secara pribadi, dan membantunya membangun minat di berbagai bidang, bukan hanya satu. Itu juga akan memungkinkan saya untuk lebih terikat dengan Izzy: meskipun saya tidak menguasai satu keterampilan dan membuat karier dari itu, setidaknya banyak keterampilan saya telah membantu saya untuk sampai ke titik ini. Saya akan dapat mempraktikkan banyak keterampilan saya yang tidak begitu sempurna sepanjang masa kecil Izzy, dan bahkan lebih!

Saya benar-benar berharap ini akan membantu saya untuk menjadi orangtua terbaik yang saya bisa, dan akan membantu Izzy untuk memilih jalur kariernya yang paling cocok untuknya suatu hari nanti. Menguasai salah satu keterampilan ini tentu akan menempatkan saya pada jalur karier yang berbeda tidak ada yang tahu di mana, tetapi syukurlah saya tidak melakukannya! Menjadi Jack of all trades sebenarnya tidak terlalu buruk.

Tusenkonstnär - (Swedia) "Seribu tugas artis"

Comments