Mommy Bear’s Morning Thoughts: Quality in Quantity (Bilingual)

Daddy Bear and I had a deep conversation about Izzy and my career as a working Mom. Basically, he asked me whether I’m ready to fulfill my promise from early this year or not. After having 3 months of maternity leave, and then going back to work for several months, he basically wanted to know whether I preferred to continue working or sacrifice my job for a bit until Izzy is ready and passed her golden age. Yes, if he could choose, he’d prefer me to be a housewife or a work-at-home Mom, and do a little business from home. Since Izzy now at her developmental stages, she needs our love, understanding, definitely more of our time, and we don’t feel like having a stranger looking after Izzy by themself when we are at work, let alone living with us.

Izzy the Wander Bear - Izzy’s Room
When I gave some introduction to my closest friends, their first reactions were along the lines of, “What!? No way!”, “Really? You want to quit your job?”, they were surprised with my decision, they were like “I think you’ll get bored...”, “Are you sure? You love working...”, “You are an extrovert and so active...” and so on. My family are very supportive, although my Mom was a bit sad and disappointed at first, and then I reminded her that before she decided to join the working life or being a working Mom, she was there for me and my siblings during our golden age. She quit her job for my youngest sister, and then went back to work when we were big enough. But all of them are supporting my decision as long as I’m happy, my Husband is happy, especially since it’s for Izzy’s needs: they are the main source of my happiness, I’m happy to sacrifice my career for the time being.

My Mom also told me that I have to have extra patient, because being a housewife or a working home Mom is hard. But if she could, why couldn’t I?

Being a parent was never going to be easy. I once heard that when you are ready to be a parent that means you are ready to put aside your own happiness over your children’s happiness. I kinda agree with that, but not necessarily forgetting our happiness. Because I believe when we say our children’s happiness is our happiness, it applies for both sides, our happiness is our children’s happiness too. Don’t you think?

A couple of questions popped out in my head like:
  • How can we be so sure that our child is happy?
  • How do we ensure that they are truly happy when we are around? 
Being at home does not mean our children will definitely be happy to have our presence. But being there when they need us, and giving them the quality they deserve is the most important. Because it’s about the quality not the quantity. But if we could give them both the quantity and the quality at the same time, it would be so much better right?

If we have the option to give them the quantity, why do we have to think twice? Then how do we give them the quality? We need to start from ourselves. Being a happy Mom is essential, because I believe our children can sense when the parents are unhappy. A question to myself is “can someone like me be happy when I am home as a housewife or working home Mom (not working from an office)?”.

After having 3 months of maternity leave, I have learned much that being a housewife is not an easy job. Especially for me. Honestly speaking I found it a bit boring. Why? Because after I’ve done running my errands, and ticked all my things-to-do, I got bored and didn’t know what to do. In bahasa we call it ‘mati gaya’, when you are stuck, because you don’t know what to do next. So I took a lesson from that.

This is the power of mindset. My theory is if we figure out our potential issue, then we work out what to do or how to fix when everything does not go smoothly. I think we are ready to go. For example, the main concerns for me to be a housewife are I get bored easily, I love being so active, and I tend to feel useless if I don’t achieve anything each day. How to deal with that? I will keep myself busy even after finishing my errands: I will arrange my schedule every day, create things-to-do, keep writing on my blog, create my youtube content, hire a Personal Trainer twice a week, and will attend a foreign language course, which is potentially twice or thrice a week when everything has settled. 

I always have the urge to accomplish things everyday that I consider as achievements to make me happy, thus I won’t feel useless. Those are activities to keep me sane, the food to my soul. Since it makes me satisfied and happy after I’ve done my to-do-list, it’s always a nice feeling when I’ve achieved those things, being productive, not wasting my time by doing nothing. Therefore I will keep being a happy Mom, and it’s good for Izzy too. Because happy Mom is happy Baby, and happy Baby is happy Mom.

Izzy the Wander Bear - Izzy’s Bed Room
You know what, I have dropped off my resignation letter, and my 1 month notice will end on September 30. Looking forward to it! Bring it on! x

——————————
Judul: “Pemikiran-Pemikiran Mommy Bear: Kualitas di dalam Kuantitas”

Daddy Bear dan saya berbicara mendalam tentang Izzy dan karier saya sebagai ibu yang bekerja. Pada dasarnya, dia bertanya kepada saya apakah saya siap untuk memenuhi janji saya dari awal tahun ini atau tidak. Setelah cuti hamil selama 3 bulan, dan kemudian kembali bekerja selama beberapa bulan, dia pada dasarnya ingin tahu apakah saya lebih suka terus bekerja atau mengorbankan pekerjaan saya sampai Izzy siap dan melewati masa keemasannya. Ya, jika dia bisa memilih, dia lebih suka saya menjadi ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja di rumah, dan melakukan bisnis kecil dari rumah. Karena Izzy sekarang berada pada tahap perkembangannya, dia membutuhkan cinta, pengertian, lebih banyak dari waktu kami, dan kami tidak ingin ada orang asing yang menjaga Izzy sendirian ketika kami sedang bekerja, apalagi tinggal bersama kami.

Ketika saya memberikan beberapa pengantar kepada teman-teman terdekat saya, reaksi pertama mereka adalah, “Apa!?  Tidak mungkin!", "Benarkah? Kamu ingin berhenti dari pekerjaan kamu?", Mereka terkejut dengan keputusan saya, mereka berkata "Saya pikir kamu akan bosan...", "Apakah kamu yakin? Kamu suka bekerja...", "Kamu orang yang ekstrovert dan sangat aktif..." dan seterusnya. Keluarga saya sangat mendukung, meskipun bunda saya agak sedih dan kecewa pada awalnya, dan kemudian saya mengingatkannya bahwa sebelum dia memutuskan untuk bergabung dengan kehidupan kerja atau menjadi seorang ibu yang bekerja, dia ada di sana untuk saya dan saudara-saudara saya selama masa keemasan kita. Dia berhenti dari pekerjaannya untuk adik perempuan bungsu saya, dan kemudian kembali bekerja ketika kami cukup besar. Tetapi mereka semua mendukung keputusan saya selama saya bahagia, Suami saya senang, terutama karena itu untuk kebutuhan Izzy: mereka adalah sumber utama kebahagiaan saya, saya senang mengorbankan karier saya untuk saat ini.

Bunda saya juga mengatakan kepada saya bahwa saya harus memiliki kesabaran ekstra, karena menjadi ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja di rumah itu sulit. Tetapi jika dia bisa, mengapa tidak?

Menjadi orang tua tidak pernah mudah. Saya pernah mendengar bahwa ketika kamu siap menjadi orangtua, itu berarti kamu siap untuk mengesampingkan kebahagiaan kamu sendiri atas kebahagiaan anak-anak kamu. Saya agak setuju dengan itu, tetapi tidak harus melupakan kebahagiaan kita. Karena saya percaya ketika kita mengatakan bahwa kebahagiaan anak-anak kita adalah kebahagiaan kita, itu berlaku untuk kedua belah pihak, kebahagiaan kita juga merupakan kebahagiaan anak-anak kita. Tidakkah seperti itu menurut kamu?

Beberapa pertanyaan muncul di kepala saya seperti:

  • Bagaimana kita bisa begitu yakin bahwa anak kita bahagia?
  • Bagaimana kita memastikan bahwa mereka benar-benar bahagia ketika kita ada?

Berada di rumah bukan berarti anak-anak kita pasti akan senang memiliki kehadiran kita. Tetapi berada di sana ketika mereka membutuhkan kita, dan memberi mereka kualitas yang pantas mereka dapatkan adalah yang paling penting. Karena ini soal kualitas, bukan kuantitas. Tetapi jika kita bisa memberi mereka kuantitas dan kualitas sekaligus, itu akan jauh lebih baik bukan?

Jika kita memiliki pilihan dapat memberi mereka kuantitas, mengapa kita harus berpikir dua kali? Lalu bagaimana kita memberi mereka kualitas? Kita harus mulai dari diri kita sendiri. Menjadi seorang ibu yang bahagia sangat penting, karena saya percaya anak-anak kita dapat merasakan ketika orang tua tidak bahagia. Sebuah pertanyaan pada diri saya adalah "bisakah seseorang seperti saya bahagia ketika saya di rumah sebagai ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja di rumah (tidak bekerja dari kantor)?".

Setelah cuti hamil selama 3 bulan, saya belajar banyak bahwa menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Terutama untuk saya. Jujur saja, saya merasa itu agak membosankan. Mengapa? Karena setelah saya selesai menjalankan tugas, dan menandai semua hal yang harus saya lakukan, saya bosan dan tidak tahu harus berbuat apa.  Dalam bahasa kami menyebutnya 'mati gaya', ketika kamu tidak tahu harus berbuat apa lagi, karena kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jadi saya mengambil pelajaran dari itu.

Inilah kekuatan pola pikir. Teori saya adalah jika kita mencari tahu potensi masalah kita, maka kita mencari tahu apa yang harus dilakukan atau bagaimana cara memperbaikinya ketika semuanya tidak berjalan lancar. Saya pikir kita siap untuk itu. Misalnya, masalah utama bagi saya untuk menjadi ibu rumah tangga adalah saya mudah bosan, saya suka menjadi sangat aktif, dan saya cenderung merasa tidak berguna jika saya tidak mencapai pencapaian apa pun setiap hari. Bagaimana cara menghadapinya? Saya akan membuat diri saya sibuk bahkan setelah menyelesaikan tugas saya: Saya akan mengatur jadwal saya setiap hari, membuat hal-hal yang harus dilakukan, terus menulis di blog saya, membuat konten youtube saya, menyewa PT, Pelatih Pribadi dua kali seminggu, dan akan mengikuti kursus bahasa asing, yang berpotensi dua atau tiga kali seminggu ketika semuanya telah beres.

Saya selalu memiliki keinginan untuk mencapai hal-hal setiap hari yang saya anggap sebagai prestasi untuk membuat saya bahagia, jadi saya tidak akan merasa tidak berguna. Itu adalah kegiatan untuk menjaga saya tetap waras, makanan bagi jiwa saya. Karena itu membuat saya puas dan bahagia setelah saya mengerjakan to-do-list saya, selalu menyenangkan ketika saya mencapai hal-hal itu, menjadi produktif, tidak membuang-buang waktu dengan tidak melakukan apa-apa. Karena itu saya akan terus menjadi Ibu yang bahagia, dan itu baik untuk Izzy juga.  Karena bahagia Ibu adalah bahagia Bayi, dan bahagia Bayi adalah bahagia Ibu.

Kamu tahu, saya telah mengajukan surat pengunduran diri saya, dan pemberitahuan 1 bulan saya akan berakhir pada 30 September. Ku menantikannya! Ayo! x

Comments