Mommy Bear’s Morning Thoughts: Do You Really Care? (Bilingual)

Young Mommy Bear:
“What if the people whom we donate are not really poor? Or they are just pretending to be poor, and they use the money we gave to buy alcohols, cigarettes, drugs, etc?”

Mommy Bear’s Dad:
“It does not matter, God knows your good intention to help others. You’ve done your part. If they lie to you, they will earn their sin, you will still earn the rewards of your good deeds...”

I still have that conversation lingering in my head. It was way back when I was still a kid, and when my dad was still alive. My dad (Mommy Bear’s dad) was the most patient, humble and sincere person I’ve ever known directly in my life. He believed that “even if someone treats you bad, reply to them with kindness”, “don’t think twice if you want to help others”. He also taught me, “even if we don’t have much, we still need to help others while we can”. Those were not just words for him; even before he taught me with words, I already saw that in him, since he implemented them in his every day life. I failed to see that when I was young - I didn’t get it why my Dad forgave a person who hurt, defamed, and treated him bad at the time, even before that person apologized to him. He even helped him when he asked for help. I was angry, and thought my dad was so soft for being like that.


Mommy Bear Muda:
“Bagaimana jika orang yang kita sumbangkan tidak benar-benar miskin?  Atau mereka hanya berpura-pura miskin, dan mereka menggunakan uang yang kita berikan untuk membeli alkohol, rokok, narkoba, dll? ”

Ayah Mommy Bear:
“Tidak masalah, Tuhan tahu niat baikmu untuk membantu orang lain. Kamu telah melakukan bagian kamu. Jika mereka berbohong kepada kamu, mereka akan mendapatkan dosa mereka, kamu masih akan mendapatkan imbalan dari perbuatan baik kamu..."

Saya masih memiliki percakapan itu melekat di kepala saya. Itu jauh kembali ketika saya masih kecil, dan ketika ayah saya masih hidup. Ayah saya (ayah Mommy Bear) adalah orang yang paling sabar, rendah hati dan tulus yang pernah saya kenal langsung di dalam hidup saya. Dia percaya bahwa "bahkan jika seseorang memperlakukan kamu dengan buruk, balas mereka dengan kebaikan", "jangan berpikir dua kali jika kamu ingin membantu orang lain". Dia juga mengajari saya, "bahkan ketika kita tidak punya banyak, kita masih perlu membantu orang lain selagi kita bisa". Itu bukan hanya kata-kata untuknya; bahkan sebelum dia mengajarkan saya dengan kata-kata, saya sudah melihat itu di dalam dirinya, karena dia menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Saya gagal melihat itu ketika saya masih muda - saya tidak mengerti mengapa ayah saya memaafkan orang yang menyakiti, mencemarkan nama baik, dan memperlakukannya dengan buruk pada saat itu, bahkan sebelum orang itu meminta maaf kepadanya. Dia bahkan membantunya ketika dia meminta bantuan. Saya marah, dan berpikir ayah saya terlalu lembut karena berlaku seperti itu.

Izzy the Wander Bear : Mommy Bear’s Morning Thoughts

As I have grown up, I started realizing that I was the one who was wrong back then, and my Dad was actually the strong one: to be able to handle his anger, to stay calm and patient when someone treated him bad, to forgive those who hurt him. They were the hardest things, but he managed.

I wondered why he never judged bad people; he always saw humanity in every person. He always gave them chances. He said, “Even God can forgive, why can’t we?” I’ve been trying to learn from him, yet I’m still way far even from a quarter of him. It’s not easy, but I’ll keep trying.

People have their own way to show that they care, or the way they help others. Some people tend to feel the necessity to show what they have done for others in public platforms. Let’s say they are one of those influencers, which I don’t judge. Maybe they try to influence their followers to do the same good things, maybe they don’t - the point is that they insist on doing it publicly. But there are also the ones who prefer to follow the “we should not let our left hand know what our right hand is doing” principle. I’d like to follow the second one, the ones who don’t air their beliefs or principles in public, or the ones who do not let other people know about their generosity. I don’t discredit the first one though. Whichever you are, only you and God know your real intention. So keep doing whatever you think is right.

I had conversation with Izzy’s Daddy, Daddy Bear about 1 month ago, how I realized that some people whom I thought were nice, turned out to not really be that nice, although many people said s/he is a nice person. As an observant person, I started noticing something from them. Daddy Bear then replied: “maybe they are nice because they just want to be liked...”


Ketika saya tumbuh dewasa, saya mulai menyadari bahwa saya adalah orang yang salah saat itu, dan ayah saya sebenarnya yang kuat: untuk dapat mengatasi amarahnya, untuk tetap tenang dan sabar ketika seseorang memperlakukannya dengan buruk, untuk memaafkan  mereka yang menyakitinya. Itu adalah hal yang paling sulit, tetapi dia berhasil.

Saya bertanya-tanya mengapa dia tidak pernah menghakimi orang jahat; dia selalu melihat kemanusiaan pada setiap orang. Dia selalu memberi mereka peluang. Dia berkata, "Bahkan Tuhan bisa memaafkan, mengapa kita tidak bisa?" Saya sudah mencoba belajar darinya, namun saya masih jauh dari seperempat darinya. Ini tidak mudah, tetapi saya akan terus berusaha.

Orang-orang memiliki cara mereka sendiri untuk menunjukkan bahwa mereka peduli, atau cara mereka membantu orang lain. Beberapa orang cenderung merasa perlu untuk menunjukkan apa yang telah mereka lakukan untuk orang lain di sarana publik. Katakanlah mereka adalah salah satu dari influencer itu, yang mana saya tidak menghakimi. Mungkin mereka mencoba mempengaruhi pengikut mereka untuk melakukan hal-hal baik yang sama, mungkin mereka tidak - intinya adalah bahwa mereka bersikeras untuk melakukannya secara publik. Tetapi ada juga yang lebih suka mengikuti prinsip "kita tidak boleh membiarkan tangan kiri tahu apa yang dilakukan tangan kanan kita". Saya ingin mengikuti yang kedua, mereka yang tidak mengutarakan kepercayaan atau prinsip mereka di depan umum, atau yang tidak membiarkan orang lain tahu tentang kemurahan hati mereka. Saya tidak mendiskreditkan yang pertama. Apa pun caramu, hanya kamu dan Tuhan yang tahu niat kamu yang sebenarnya. Jadi terus lakukan apa pun yang menurut kamu benar.

Saya berbincang dengan ayahnya Izzy, Daddy Bear sekitar 1 bulan yang lalu, bagaimana saya menyadari bahwa beberapa orang yang saya pikir baik, ternyata tidak terlalu baik, walaupun banyak orang mengatakan dia adalah orang yang baik. Sebagai orang yang penuh pengamatan, saya mulai memperhatikan sesuatu dari mereka. Daddy Bear kemudian menjawab: "mungkin mereka baik karena mereka hanya ingin disukai..."

Izzy the Wander Bear : Mommy Bear’s Morning Thoughts
That makes sense. It’s human nature that people want to be liked by others in some way. Even me: I always pray that wherever I go, people will see me as I am, and like me as I am. But some people like to put more effort into it. They really want to be liked and praised by everyone, and they will do anything to make it happen, including present something nice, treat people, help them, praise them, and so on. I just can’t do that. I’d like to be liked for being myself, the real me. I will say A when it’s A, not make someone happy when they are actually B.

So it got me thinking that some people are not really helping and giving because they truly care, but they are lucky enough to have the ability to help (for example: financial ability). They just like the feeling of being needed, liked by others, and being praised that they are a nice, kind, or generous person. It’s not for others, it’s for themselves.

“Do you really help others because you care about them, or you care for yourself?”

Another question:
“If you believe in heaven and God will reward all your good deeds, does it mean you do it for yourself too?”

“How do you know that it’s sincerely coming from within?

Oh well, let me stop you there.
You’ve done your part, let God do the rest.

“Always remember:
Don’t do it for praises of people.
Don’t do it to be liked by other people.
Do it because you truly care.
Do it for humanity and for your love of God.”
-Mommy Bear

Itu masuk akal. Sudah menjadi sifat manusia bahwa orang ingin disukai oleh orang lain dengan cara tertentu. Bahkan saya: Saya selalu berdoa agar ke mana pun saya pergi, orang-orang akan melihat saya apa adanya, dan menyukai saya sebagaimana adanya diri saya juga. Tetapi beberapa orang lebih suka berusaha. Mereka benar-benar ingin disukai dan dipuji oleh semua orang, dan mereka akan melakukan apa saja untuk mewujudkannya, termasuk menghadiahkan sesuatu, mentraktir orang, membantu mereka, memuji mereka, dan sebagainya. Saya tidak bisa melakukan itu.  Saya ingin disukai karena menjadi diri sendiri, saya yang sebenarnya. Saya akan mengatakan A apabila itu A, bukan mencoba membuat seseorang bahagia walaupun sebenarnya mereka B.

Jadi itu membuat saya berpikir bahwa beberapa orang tidak benar-benar membantu dan memberi karena mereka benar-benar peduli, tetapi mereka cukup beruntung memiliki kemampuan untuk membantu (misalnya: kemampuan finansial). Mereka hanya menyukai perasaan dibutuhkan, disukai orang lain, dan dipuji bahwa mereka adalah orang yang baik, baik hati, atau murah hati. Ini bukan untuk orang lain, itu untuk diri mereka sendiri.

"Apakah kamu benar-benar membantu orang lain karena kamu peduli pada mereka, atau kamu peduli untuk dirimu sendiri?"

Pertanyaan lain:
“Jika kamu percaya pada surga dan Tuhan akan membalas semua perbuatan baik kamu, apakah itu berarti kamu melakukannya untuk diri sendiri juga?"

"Bagaimana kamu tahu bahwa itu tulus berasal dari dalam?

Baiklah, biarkan aku menghentikanmu di sana.
Kamu telah melakukan bagianmu, biarkan Tuhan melakukan sisanya.

"Selalu ingat:
 Jangan lakukan itu untuk pujian dari orang.
 Jangan lakukan itu untuk disukai orang lain.
 Lakukan karena kamu benar-benar peduli.
 Lakukan untuk kemanusiaan dan untuk cinta kamu kepada Tuhan. ",
-Mommy Bear


Judul: “Pemikiran-Pemikiran Mommy Bear: Apakah kamu benar-benar peduli?”

Comments