Mommy Bear’s Morning Thoughts: Tidy House = Tidy Mind (Bilingual)

Happy Valentine’s Day, Beary friends! Hope we keep spreading love and are surrounded by love. I got a surprise V-day bouquet from Daddy Bear. Woo!

Selamat Hari Valentine, teman-teman Beary! Semoga kita terus menyebarkan cinta dan dikelilingi oleh cinta. Saya mendapat kejutan buket V-day dari Daddy Bear. Asik!

I kissed goodbye to some of Izzy’s clothes that would be sent to their new owners, as I believe that we should be grateful and thankful for what we have, and not taking everything for granted. We show our love and gratitude not just to fellow human or to animal and plant, but also to our stuff.

Saya mencium selamat tinggal pada beberapa pakaian Izzy yang akan dikirim ke pemilik baru mereka, karena saya percaya bahwa kita harus bersyukur dan berterima kasih atas apa yang kita miliki, dan tidak menerima begitu saja. Kami menunjukkan cinta dan terima kasih kami tidak hanya kepada sesama manusia atau hewan dan tumbuhan, tetapi juga untuk barang-barang kami.

Mommy has been busy sorting out Izzy’s clothes for donation. This is actually something that we do routinely every half a year. Most of Izzy’s newborn clothes have been given away. We usually donate the old clothes which are replaced when we get some new clothes. However, I recently made some extra money by selling Izzy’s unused clothes or the ones that she only worn once or twice. I got the idea after receiving a message from Izzy’s followers on Instagram - a woman asked me whether I would sell Izzy’s preloved clothes or not. It was a great idea! I then created an IG account for Izzy’s preloved stuff and also uploaded them on my Carrousell account. I did not expect that I would collect some money by selling preloved stuff, but I enjoyed it! The most important is I keep our wardrobe ‘healthy’ or in a ‘good shape’ by not having too many clothes.

Mommy sibuk memilah baju Izzy untuk sumbangan. Ini sebenarnya adalah sesuatu yang kami lakukan secara rutin setiap setengah tahun. Sebagian besar pakaian baru lahir Izzy telah dibagikan. Kami biasanya menyumbangkan pakaian lama yang diganti ketika kami mendapatkan pakaian baru. Namun, saya baru-baru ini menghasilkan uang tambahan dengan menjual pakaian Izzy yang tidak pernah dipakai atau yang hanya dikenakan satu atau dua kali. Saya mendapat ide setelah menerima pesan dari pengikut Izzy di Instagram - seorang wanita bertanya kepada saya apakah saya akan menjual pakaian bekas Izzy atau tidak. Itu adalah ide yang sangat bagus! Saya kemudian membuat akun IG untuk barang bekas Izzy dan juga mengunggahnya di akun Carrousell saya. Saya tidak berharap bahwa saya akan mengumpulkan uang dengan menjual barang-barang bekas, tetapi saya menikmatinya! Yang paling penting adalah saya menjaga lemari pakaian kami 'sehat' atau 'bugar' dengan tidak memiliki terlalu banyak pakaian.

I have enjoyed tidying up since I was little. My Mom said that when I was a kid, I did not want to accept crumpled money. I even asked them to iron the notes before giving them to me. My baby Sister who shared room with me when we were teenagers also reminded me of how I always warned her not to make our room messy, and kept our bed smooth without wrinkles. Basically our shared room was my territory. She thought I was a bit nuts! Lol. I always made my bed before going out. I could not go to school peacefully before making my bed and ensuring that my room was neat. I always sorted my clothes and other things according to its colors. I even refolded my clothes with my own folding and thought our maid’s folding method was not as good. Yep, I know, I know, Obsessive Compulsive Disorder, OCD. That is something that I still do, because I thought it’s still a positive thing. I could say my OCD is kind of better now than then. At least now I don’t walk to fix someone’s chair’s position or other people’s picture frame and make them straight as I used to. Believe me it took a while to go against my crazy mind, but I did it!

Saya sudah menikmati merapikan sejak saya masih kecil. Bunda saya mengatakan bahwa ketika saya masih kanak-kanak, saya tidak mau menerima uang kusut. Saya bahkan meminta mereka untuk menyetrika uang kertasnya sebelum memberikannya kepada saya. Adik perempuan saya yang berbagi kamar dengan saya ketika kami masih remaja juga mengingatkan saya tentang bagaimana saya selalu memperingatkannya untuk tidak membuat kamar kami berantakan, dan menjaga agar tempat tidur kami mulus tanpa kerutan. Pada dasarnya kamar bersama kami adalah wilayah saya. Dia pikir saya agak gila! Haha. Saya selalu merapikan tempat tidur saya sebelum pergi. Saya tidak bisa pergi ke sekolah dengan tenang sebelum membereskan tempat tidur dan memastikan kamar saya rapi. Saya selalu menyortir pakaian dan hal-hal lain sesuai dengan warnanya. Saya bahkan melipat kembali pakaian saya dengan lipatan saya sendiri dan berpikir metode melipat pembantu kami tidak sebaik itu. Yap, saya tahu, saya tahu, Obsessive Compulsive Disorder, OCD. Itu adalah suatu hal yang masih saya lakukan, karena saya pikir itu adalah hal yang masih positif. Saya bisa mengatakan bahwa OCD saya agak lebih baik sekarang daripada dulu. Setidaknya sekarang saya tidak berjalan untuk memperbaiki posisi kursi seseorang atau bingkai foto orang lain dan membuatnya lurus seperti dulu. Percayalah, butuh beberapa saat untuk melawan pikiran gila saya itu, tetapi saya berhasil!

ITWB - Izzy Bear’s Drawers
Izzy’s clothes above were not as tidy, in fact it was a bit messy. Even the picture is bugging me. *trying to control my OCD*

Pakaian Izzy di atas tidak terlalu rapih, kenyataannya malah agak berantakan. Bahkan fotonya saja mengusik saya. *mencoba mengontrol OCD saya*

ITWB - Mommy Bear’s Wardrobe
ITWB - Mommy Bear’s Wardrobe
ITWB - Mommy’s Clothes
ITWB - Mommy’s Clothes
Last year, my former colleague mentioned about a famous Japanese organizing consultant, her name is Marie Kondo. She’s been helping people around the world with her method. I found it interesting that we both have similarities. As a well-organized person, I would like to learn more from her. I was specifically more excited to learn about her folding method, so I tried to implement it in my household. She believes that we must place our folded clothes where we can see each of them at once. As you could see on the pictures of my clothes and Izzy’s clothes above. Not bad right? Ha!

Tahun lalu, mantan kolega saya menyebutkan tentang konsultan pengorganisasian Jepang yang terkenal, namanya Marie Kondo. Dia telah membantu orang-orang di seluruh dunia dengan metodenya. Saya merasa itu menarik bahwa kami berdua memiliki kesamaan. Sebagai orang yang terorganisasi dengan baik, saya ingin belajar lebih banyak darinya. Saya secara khusus lebih bersemangat untuk mengetahui tentang metode melipatnya, jadi saya mencoba menerapkannya di rumah tangga saya. Dia percaya bahwa kita harus meletakkan pakaian terlipat kita di mana kita dapat melihat setiap pakaian tersebut sekaligus. Seperti yang kamu lihat pada gambar pakaian saya dan pakaian Izzy di atas. Tidak buruk kan? Ha!

I always believe when our house is tidy, our mind will follow. With Izzy playing around our place, tidying is kinda like a work out for me. Living with a toddler who is so active and likes to play around, launching stuff everywhere as well as making a mess, I have to be faster when I clean and sort out Izzy’s mess. I do this not just for the family, but also to keep my sanity and to keep my soul happy. One part of my happiness is to keep our house tidy and clean. :)

Saya selalu percaya ketika rumah kita rapi, pikiran kita akan mengikuti. Dengan Izzy bermain-main di tempat kami, merapikan itu seperti olahraga bagi saya. Hidup dengan balita yang sangat aktif dan suka bermain-main, melempar barang kemana-mana serta membuat kekacauan, saya harus lebih cepat ketika saya membersihkan dan merapikan kekacauan yang Izzy buat. Saya melakukan ini tidak hanya untuk keluarga, tetapi juga untuk menjaga kewarasan saya dan menjaga jiwa saya bahagia. Salah satu bagian dari kebahagiaan saya adalah menjaga rumah kami tetap rapi dan bersih. :)







Comments