My Love Journey: What Attracts Me The Most (Bilingual)

Hi there!

It’s 5 AM and it’s raining hard outside. I’m on the last day of my period, I reckon. This is about time that I normally wake up to pray. As usual though, I woke up next to my husband with Izzy Bear between us. Watching them both sleeping, pulling the twinning sleeping style is just too cute and so calming, I feel so blessed to have them in my life. It’s still like a dream sometimes. He successfully makes me love him more and more every day. I feel so blessed to have such a loving and caring husband, who always puts me and Izzy before himself. I like reminiscing about our good, old memories; that’s one of my tips to keep our love nourished. It’s always so refreshing when we recall what makes us fall in love with our significant other. What attracted us for the first time, and what makes our love grow. Do I get attracted more to the opposites or the similarities? I hope my stories before and after I met my husband will give you some enlightenment, if you are still looking for the right one.

Our fridge magnet collection
Can you spot Mommy and Daddy?

From eyes, to ears, to brain, then to heart.
I don’t easily fall in love. I always try to use my logic before involving my feelings. That’s why I don’t have many ex boyfriends, and most of the guys I dated, I ended up ‘ghosting’. I was quite picky, but at the same time I wasn’t. I mean, I dated different types of men, but I did not have a specific physical type, but if you asked me what physical type I turned the most, it was Asian looking guys (Indonesian, Chinese, Japanese, Korean), I liked it more when they also had tanned skin, due to being an ourdoorsy type. Yep, more like myself. Not a caucasian, like my husband.

Do you believe that opposites really attract? Or, do the similarities attract more?
If it comes to appreances, I was attracted more to a guy who had similarities to me, but only with the facial or body part that I adore in myself. For example, I love my dimples and my full lips, so when a guy also has dimples and the sexy lips, he got brownie points. However, I’m not proud of my height, that’s why a tall and broad shouldered guy always stole my attention, which is the opposite of myself.

I have some Indonesian friends who specifically look for caucasians, which would suggest they’re looking for a kind of opposite to Asian guys. As for me, it didn’t necessarily get into my mind, I did not expect that I would marry a caucasian. I remembered my fellow Indonesian friend who had a Russian boyfriend at the time, who randomly told me that I’m not the bule’s type (bule means caucasian in Indonesian), because I’m not tall, and my skin is not dark enough. I was like “that’s okay by me...”, It did not bother me at all. Not every caucasian has that specific type of woman either though. I guess my friend’s perspective only applies for the caucasians who move to Indonesia with the intention of finding a woman here. 

It’s a different case with us, as I met my husband through work, when he still lived and worked in the UK. He then moved to Jakarta after we got engaged. So that opposite physical appearances attract does not apply to us, as I never looked for caucasian, and my husband never looked for Asian women previously. We are just meant to be together.

If a guy asked me out in my early twenties, but I didn’t feel I was physically attracted to them, I prefered not to give them any hope. I politely refused them in the first place. I just could not pretend myself, I also did not want to waste anyone’s time, and did not want to hurt someone’s feelings at the end. For me age is indeed just a number as well, since it doesn’t guarantee whether the person is mature in terms of the way they think and their behavior. I used to adore intelligent guys with tattoos, the bad-boy looking type of guy who is passionate and ambitious to pursue their goals, but know how to enjoy life at the same time. In a way, I was attracted to a guy who seemed similar to myself. However, as I got older my perspective changed a little bit, and I decided to give a second chance to the guys who had shown interest in me even though the guy’s appearance was not my cup of tea (for example: when a guy wears Crocs, it was actually such a turn off for me). Without having to lower my personality standards, I let them to take me out, so I could get to know their personalities more. I’m more of a ‘personality’ kind of person. I guessed I could help them with their choice of clothes and footwear later. That’s something that I could still tolerate in my mid 20’s age. Not a chance when I was still younger. If I felt the ‘ick’ right away, I preferred to cut them off, or I said ‘sorry, I don’t think I’m the right person for you’. Bye! LOL. 

I remember a guy who already said I love you on our first date. That was a big NO for me, because I did not say the L word easily. That’s fair enough right? In the past, some of the dates I had been went no where. I admitted that sometimes I was a little bit unpredictable; a guy thought I was not attracted to him, even-though I was. I was just a bit crap at showing my feelings. Some guys admitted that they always enjoyed talking to me, because I’m very chatty, and have a good banter when we met in person or over the phone. But when we did not meet for awhile, I rarely texted them, and was not giving them enough hints. That didn’t work out so well. To be honest, I was too guarded back then, and being a little bit too cautious with my feelings, so I didn’t let myself be vulnerable. When we had some bad experiences in the past, we surely don’t want to fall into the same holes, right? So, I told myself that I cannot give my feelings more than 50% into someone’s basket, unless I’m sure with the guy that he is the one. 

Husband Material
I wanted to find the right husband-to-be that is kind, smart, full of knowledge (if he loves reading, it is even better), caring, have a leader mentallity, have a good sense of humor, and be computer savvy; basically it’s all my late dad’s good sides. Does it count as the ‘similarities attract’ thing if I want the guy to have the good sides of my father? He does not have to be a doctor though, does not have to be as patient as my late dad (he was the most patient person I know), as long as he can balance out my character, or know when it’s his turn to let me have it. I wanted a hard worker, one who puts his work first before me - I don’t like a clingy guy, I avoided possessive people, they annoyed me. I also tried to see whether the guy had a potential to be successful or not, based on his attitude.

On the other hand, I preferred if he is not as friendly and does not have as many friends. I had some experiences with a guy whom I thought was my soulmate because we had similar personalities, and had so much in common, but it turned out it did not guarantee that the relationship would end up well. He was too busy hanging out, so was I, but I felt like I ended up investing more time and energy, and that was unhealthy. Based on my experience, being with a guy who does not have a similar character is even better. As long as the guy is not clingy and over-protective. As long as we have value the same values in life, or at least we can agree to disagree. For instance, my husband lets me to go out with my friends, although he prefers to stay at home, but he does not mind to accompany me once in awhile. It’s about knowing the right balance. In fact, I could support him to get out of his shell, and vice versa, he could help me to slow down a little bit.


During dating, I tended to be the one who asked more, and let them talk first. But I was also quite good at digging more information without making it too obvious. Such as to find out whether he is a book smart or a street smart person, what severe illness that his family genetically have, what kind of girl he was with or dated before (I didn’t want to date a guy who dated a girl with no brain, or had a bad reputation). Other than that, it was a huge turn off if the Indonesian guy I dated couldn’t speak English, if he speaks English fluently, tick, if the guy speaks multiple languages, tick tick, the guy is good at something that I’m not really good at, it was like tick tick tick. I did not feel intimidated by that. I’m quite good at many things, that’s why if the guy can be better than me at something, it was even better! As I grew older, the smarter, geeky looking book guy grew on me; I found them more sexy than the bad boy looking guy who is a street smart, which I used to like when I was younger. I guess it’s about taste, but I always had a thing for a smart guy. It’s just good to have deep conversations about everything, right?

I’m not perfect, but I was lucky enough that the guy whom I liked always liked me back. I never made the first move, not until I met my husband for the first time. It was not a first move per se, it’s more like I gave him ‘hints’ more. I learned from my mistakes in the past that there are some type of guys that needed to be given hints, so they have the courage to make a move. Sooo... below is my husband’s doodle about how the first time we met, which I found after we got married. Ha!


My Love Story
Smushy, smushy. :”>

I did not fall in love at the first sight, but I liked his sincere smile, and he seemed a little bit nervous when he talked to me, and I found it cute. It’s a bonus that he also has dimples. We are like a dimple power couple! Thank God for sending him to be my husband, I have everything I needed and I wanted in him. I never get bored with him even the slightest, I always enjoy having him around me. :)


——————————

Halo yang disana!

Sekarang jam 5 pagi dan di luar hujan deras. Saya rasa saya berada di hari terakhir haid. Ini adalah waktu saya biasanya bangun untuk berdoa. Seperti biasa, saya bangun di sebelah suami saya dengan Izzy Bear di antara kami. Melihat mereka berdua tidur, melakukan gaya tidur kembar terlalu manis dan menenangkan, saya merasa sangat diberkati memiliki mereka dalam hidup saya. Terkadang masih seperti mimpi. Dia berhasil membuatku semakin mencintainya setiap hari. Saya merasa sangat diberkati memiliki suami yang penuh kasih dan perhatian, yang selalu menempatkan saya dan Izzy di atas dirinya sendiri. Saya suka mengenang kenangan lama kami yang baik; itulah salah satu tips saya agar cinta kita tetap terpelihara. Hal itu selalu menyegarkan ketika kita mengingat apa yang membuat kita jatuh cinta dengan pasangan kita. Apa yang menarik kita untuk pertama kalinya, dan apa yang membuat cinta kita tumbuh. Apakah saya lebih tertarik pada kebalikan atau kesamaan? Saya berharap cerita saya sebelum dan sesudah saya bertemu suami saya akan memberi kamu pencerahan, jika kamu masih mencari seseorang yang tepat.

Dari mata, telinga, otak, lalu hati.
Saya tidak mudah jatuh cinta. Saya selalu mencoba menggunakan logika saya sebelum melibatkan perasaan saya. Itu sebabnya saya tidak punya banyak mantan pacar, dan kebanyakan pria yang saya kencani, saya akhirnya 'menghilang'. Saya cukup pilih-pilih, tapi pada saat yang sama tidak pilih-pilih juga. Maksud saya, saya berkencan dengan berbagai tipe pria, tetapi saya tidak memiliki tipe fisik tertentu, tetapi jika kamu bertanya kepada saya tipe fisik apa yang paling saya sukai dulu, itu adalah pria berpenampilan Asia (Indonesia, Cina, Jepang, Korea), saya lebih suka ketika mereka juga memiliki kulit kecokelatan, karena tipe yang senang berkegiatan di luar ruangan. Ya, lebih seperti diri saya. Bukan kaukasia (bule), seperti suami saya.

Apakah kamu percaya bahwa hal yang berlawanan benar-benar menarik? Atau, apakah kesamaan menarik lebih banyak?

Jika menyangkut penampilan, saya lebih tertarik pada pria yang memiliki kemiripan dengan saya, tetapi hanya dengan wajah atau bagian tubuh yang saya kagumi dalam diri saya. Misalnya, saya suka lesung pipit dan bibir penuh saya, jadi ketika seorang pria juga memiliki lesung pipit dan bibir seksi, dia mendapat poin brownies. Namun, saya tidak bangga dengan tinggi badan saya, itu sebabnya pria tinggi dan berbahu lebar selalu mencuri perhatian saya, yang merupakan kebalikan dari diri saya.

Saya punya beberapa teman Indonesia yang secara khusus mencari kaukasia, hal ini menyarankan mereka mencari semacam kebalikan dari pria Asia. Bagi saya, hal itu tidak terlintas dalam pikiran saya, saya tidak menyangka akan menikah dengan seorang kaukasia (bule). Saya teringat dengan teman Indonesia saya yang punya pacar orang Rusia waktu itu, yang tidak ada angin, tidak ada hujan mengatakan bahwa saya bukan tipe bule (kaukasia), karena saya tidak tinggi, dan kulit saya kurang gelap. Saya menanggapi "tidak apa-apa buat saya...", Itu tidak mengganggu saya sama sekali. Tidak setiap kaukasia memiliki tipe wanita tertentu. Saya kira perspektif teman saya hanya berlaku untuk bule yang pindah ke Indonesia dengan maksud mencari wanita di sini.

Lain halnya dengan kami, ketika saya bertemu suami saya melalui pekerjaan, ketika dia masih tinggal dan bekerja di Inggris. Dia kemudian pindah ke Jakarta setelah kami bertunangan. Sehingga penampilan fisik yang berlawanan menarik tidak berlaku bagi kami, karena saya tidak pernah mencari bule, dan suami saya tidak pernah mencari wanita Asia sebelumnya. Kami hanya ditakdirkan untuk bersama.

Jika seorang pria mengajak saya berkencan di usia awal dua puluhan, tetapi saya tidak merasa tertarik secara fisik kepada mereka, saya memilih untuk tidak memberi mereka harapan.  Saya dengan sopan menolaknya sejak awal. Saya hanya tidak bisa berpura-pura, saya juga tidak ingin menyia-nyiakan waktu siapa pun, dan tidak ingin menyakiti perasaan seseorang pada akhirnya. Bagi saya usia juga hanyalah angka, karena tidak menjamin apakah seseorang sudah matang dalam cara berpikir dan perilakunya. Saya dulu suka pria cerdas dengan tato, tipe pria bertampang nakal yang bersemangat dan ambisius untuk mengejar tujuan mereka, tetapi tahu bagaimana menikmati hidup pada saat yang sama. Di satu sisi, saya tertarik pada pria yang tampak mirip dengan saya. Namun, seiring bertambahnya usia, perspektif saya berubah sedikit, dan saya memutuskan untuk memberikan kesempatan kedua kepada pria yang telah menunjukkan minat pada saya meskipun penampilan pria itu bukan secangkir teh saya (misalnya: ketika seorang pria memakai Crocs, itu benar-benar nggak banget buat saya). Tanpa harus menurunkan standar kepribadian saya, saya memberikan mereka peluang untuk mengajak saya keluar, sehingga saya dapat lebih mengenal kepribadian mereka. Saya lebih ke tipe orang yang melihat 'kepribadian'. Saya rasa saya bisa membantu mereka memilih pakaian dan alas kaki nantinya. Itu adalah sesuatu yang masih bisa saya toleransi di usia pertengahan 20-an. Tidak akan mungkin saat aku saya masih muda. Jika saya langsung merasakan 'ick', saya lebih suka memotongnya, atau saya berkata 'maaf, menurut saya saya bukan orang yang tepat untuk kamu'.  Selamat tinggal! Haha.

Saya ingat seorang pria yang sudah bilang aku mencintaimu pada kencan pertama kami. Itu adalah sebuah TIDAK besar bagi saya, karena saya tidak mengucapkan kata L dengan mudah. Cukup adil kan? Di masa lalu, beberapa kencan yang saya jalani tidak berjalan kemana-mana. Saya mengakui bahwa kadang-kadang saya sedikit tidak dapat diduga;  seorang pria mengira saya tidak tertarik padanya, meskipun saya tertarik padanya. Saya agak bodoh dalam menunjukkan perasaan saya. Beberapa pria mengakui bahwa mereka selalu senang berbicara dengan saya, karena saya sangat cerewet, dan suka bercanda ketika kami bertemu langsung atau melalui telepon. Tetapi ketika kami tidak bertemu untuk sementara waktu, saya jarang mengirim pesan kepada mereka, dan tidak memberi mereka cukup petunjuk. Itu tidak berhasil dengan baik. Sejujurnya, saya terlalu melindungi diri saat itu, dan sedikit terlalu berhati-hati dengan perasaan saya, jadi saya tidak membiarkan diri saya rentan. Ketika kita mengalami pengalaman buruk di masa lalu, kita pasti tidak ingin jatuh ke lubang yang sama, bukan? Jadi, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya tidak dapat memberikan perasaan saya lebih dari 50% ke dalam keranjang seseorang, kecuali saya yakin dengan pria itu bahwa dialah orangnya.

Materi Suami
Saya ingin menemukan calon suami yang tepat yang baik hati, cerdas, penuh pengetahuan (jika dia suka membaca, bahkan lebih baik), peduli, memiliki mental pemimpin, memiliki selera humor yang baik, dan paham komputer  ;  pada dasarnya itu semua adalah sisi baik almarhum ayah saya. Apakah itu dihitung sebagai hal 'kesamaan menarik' jika saya ingin pria itu memiliki sisi baik dari ayah saya? Dia tidak harus seorang dokter, tidak harus seorang yang sangat penyabar seperti almarhum ayah saya (dia adalah orang paling sabar yang saya kenal), selama dia bisa menyeimbangkan karakter saya, atau tahu kapan gilirannya membiarkan saya yang ‘menang’. Saya menginginkan seorang pekerja keras, yang mengutamakan pekerjaannya sebelum saya - Saya tidak suka pria yang selalu mengintil, saya menghindari orang yang posesif, mereka mengganggu saya. Saya juga mencoba melihat apakah pria itu berpotensi untuk sukses atau tidak, berdasarkan sikapnya.

Di sisi lain, saya lebih suka jika dia tidak ramah dan tidak memiliki banyak teman. Saya memiliki beberapa pengalaman dengan seorang pria yang saya pikir adalah belahan jiwa saya karena kami memiliki kepribadian yang mirip, dan memiliki banyak kesamaan, tetapi ternyata hal itu tidak menjamin bahwa hubungan itu akan berakhir dengan baik. Dia terlalu sibuk nongkrong, begitu juga saya, tetapi saya merasa akhirnya menginvestasikan lebih banyak waktu dan energi, dan itu tidak sehat. Berdasarkan pengalaman saya, bersama pria yang tidak memiliki karakter serupa lebih baik. Selama pria itu tidak lengket dan terlalu protektif. Selama kita memiliki nilai nilai yang sama dalam hidup, atau paling tidak kita bisa bersepakat untuk tidak setuju.  Misalnya, suami mengizinkan saya jalan-jalan dengan teman-teman, meskipun dia lebih suka tinggal di rumah, tetapi dia tidak keberatan sesekali menemani saya. Ini tentang mengetahui keseimbangan yang tepat. Faktanya, saya dapat mendukungnya untuk keluar dari cangkangnya, dan sebaliknya, dia dapat membantu saya untuk lebih santai (tidak sering keluar).

Selama berkencan, saya cenderung menjadi orang yang bertanya lebih banyak, dan membiarkan mereka bicara dulu. Tetapi saya juga cukup pandai menggali lebih banyak informasi tanpa membuatnya terlalu jelas. Seperti untuk mengetahui apakah dia seorang yang pintar buku atau orang yang pintar jalanan, penyakit parah apa yang dimiliki keluarganya secara genetik, gadis seperti apa yang dia kencani atau kencani sebelumnya (saya tidak ingin berkencan dengan pria yang berkencan dengan seorang gadis  tanpa otak, atau memiliki reputasi buruk). Selain itu, sangat disayangkan jika pria Indonesia yang saya kencani tidak dapat berbicara bahasa Inggris, jika dia berbicara bahasa Inggris dengan lancar, centang, jika pria itu berbicara berbagai bahasa, centang centang, pria itu pandai dalam sesuatu yang saya tidak terlalu pandai, itu seperti tick tick tick. Saya tidak merasa terintimidasi oleh hal itu. Saya cukup pandai dalam banyak hal, itu sebabnya jika pria itu bisa lebih baik dari saya dalam sesuatu, itu bahkan lebih baik! Seiring bertambahnya usia saya, pria kutu buku yang tampak lebih pintar dan kaku itu tumbuh pada saya; menurut saya mereka lebih seksi daripada cowok bertampang bad boy yang pintar jalanan, yang dulu saya suka saat saya masih muda. Saya rasa ini tentang rasa, tapi saya selalu menyukai pria yang cerdas. Menyenangkan sekali melakukan percakapan mendalam tentang segala hal, bukan?

Saya tidak sempurna, tetapi saya cukup beruntung karena pria yang saya sukai selalu menyukai saya kembali. Saya tidak pernah mengambil langkah pertama, tidak sampai saya bertemu suami saya untuk pertama kalinya. Itu bukan langkah pertama, itu lebih seperti saya memberinya 'petunjuk' lebih banyak. Saya belajar dari kesalahan saya di masa lalu bahwa ada beberapa tipe pria yang perlu diberi petunjuk, sehingga mereka memiliki keberanian untuk bergerak. Jadi... di atas adalah orat-oret suami saya tentang bagaimana pertama kali kita bertemu, yang saya temukan setelah kami menikah. Ha!

Saya tidak jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi saya menyukai senyumnya yang tulus, dan dia tampak sedikit gugup ketika berbicara dengan saya, dan menurut saya hal itu menggemaskan. Bonus karena dia juga memiliki lesung pipit. Kami seperti pasangan kuat berlesung pipit! Terima kasih Tuhan (alhamdulillah) telah mengirim dia menjadi suami saya, saya memiliki semua yang saya butuhkan dan saya inginkan dalam dirinya. Saya tidak pernah merasa bosan dengannya, saya selalu menikmati keberadaanya di sekitar saya. :)

Comments