My Parenting Journey: Do I Raise My Child They Way I Was Raised? (Bilingual)

Hi Beary friends!

Daddy bear has been back to working from his office this week, and he will be back working from home again next week. I honestly prefer him to be home with us; it’s just good to have him around, even when he had to focus in the other room for hours due to WFH. At least daddy was there, and could still help when needed.

We asked Izzy the other day whether she wants to have a sister or a brother, or not. She answered “yes!” with a little ‘th’, (she had her tongue between her teeth). So cute! She added “a sister”, and then changed it again to “a brother”. Haha. Raising one kid isn’t easy, let alone having more than one. I’ve always said that every time my friends asked me about having another baby, we need to be financially and (the most importantly) mentally ready. Don’t get me wrong, we enjoy being parents. We cherish every little thing we have together as a family. However, as a judging person, I always believe everything needs to be thought out carefully, everything needs to be scheduled and structured. It’s like playing chess. Another kid is perfect! But hopefully next year, not this year. ;) I don’t think I want to have as many kids as my mom has, two should be enough for me. Although, I give props to my parents, as they raised me and my siblings well with love and affection. We are definitely not the richest, nor the most successful people in this world, but we always love each other, we truly care for each other, and we are always there for one another. We sometimes have disagreements, yet we always manage to fix it with cool heads and warm hearts. We occasionally have different perspectives, however we always try to respect them, put them aside, and live peacefully with those differences. I proudly say that my parents succeeded in raising me and my siblings.

For me, we only can tell whether the parents raise the children successfully when all the children grow up. We can see how the children can survive the world and be independent without giving difficulties to their parents or other people, how they solve their problems, how the children find their own way in pursuing their dreams, with dignity and integrity. Also how their relationships with the other family members are: in this case, their siblings (if they have one), how they treat their parents with respect, even when they all already have their own life, and how they act in society.

For instance, apperently not everyone implements common courtesies in their lives. Although “Sorry, excuse me, please, and thank you” is a must thing to say! I’m sure most of us were taught by our parents since we were kids. Yet I noticed some adults I know don’t even bother to say sorry, they don’t admit when they do wrong, or show some appreciation to other people who give them a little help in their daily life. I always try to think positively at first each time I encounter a person like that, then when that happens too often, I start wondering whether they were not taught by their parents when they were young, or they are that forgetful, or they are just simply ignorant.

I’m sure most children adore their parents, and are always proud of them. Most of us write “Happy Mother’s Day to the best mother in the world...”, or “Happy Father’s Day my super hero, the best dad in the universe...”, on our social media platforms. However, I wonder whether people really mean what they ‘proudly’ said about their parents, or whether they just copy-pasted other people’s life quotes or captions. If they do mean it, then I have some questions in mind for my fellow new parents, including:

“Do you raise your kids the way you were raised?”
and
“Do you follow in your parents footsteps?”

Or, for the future parents:

Will you raise your kids the way you were raised?”
and
“Will you follow in your parents footsteps?”

No parents are perfect, as we are all just human beings. We read, we watch, we ask, we listen, we attend seminars, and there are many other ways to make us smarter parents. We make mistakes, we learn, we try not to fall into the same hole. I’m sure as parents, we always try our best to give the best and be the best that we can be. Every parent has their own way in raising their kids. I don’t see the point of judging or discrediting other parents’ parenting methods, as I believe every parent should know what’s best for their own children. Besides, we learn more from the mistakes we make than from what we do right, and as relatively new family, there are plenty of opportunities for learning. 

Everybody was a kid once, and I always believe that we also learn from our own parents’ parenting method, whether it was the good things that they taught us, or even learn from the mistakes they made. Even though we probably will end up learning from our own mistakes as well. I believe nothing can teach us better than our own experience; our experiences as kids, and our experiences as parents. I have been trying to implement some of my parents’ methods, since I remember the things that they taught us, the way they treated us, or even the way they treated other people. When we were young, we subconsiously took examples from our parents’ personality and character. We can pass the good things on to our own children. For example, my dad was a patient person, as it turned out my brother has a similar personality to him. The other example is my mom, who does not like to procrastinate - she values time. It also became my character, as I hate procrastinating. I always try my best to finish my tasks accurately and efficiently. As I grew older, I also learned from both of my parents that being on time is a must, because it shows our dedication and respect. Those are a few of many good things I learned from my parents. Now, as a parent of a toddler, I need to be a good example for Izzy. She has been a good girl, she even puts away her own toys right after she finished playing with them. I’m proud of her.

Izzy Bear - Putting Away Her Toys
Putting Away Her Stuff

When we were kids, my siblings and I started following our parents’ hobbies too. My late dad really loved reading and collecting books, and now so do we. Both of my parents also loved singing and dancing, listening to music all the time, and guess what? I inherited their drive to succeed, some of their talents, their want for learning, and their competitiveness. Not forgetting to mention that my dad also introduced me and my siblings to games consoles, computers, laptops, and other gadgets since we were a young age.

Nowadays, during this digital era, we cannot deny that all the kids will be introduced to gadgets sooner or later, as we also use our gadgets often. Especially during this pandemic, as we stay indoors most of the time. We just need to limit the screen time for our kids, so they don’t play with their gadget too long each time. We let Izzy to play learning games or watch Youtube kids on our iPad, but she also loves reading books, dancing, singing, working out, etc. She has been following her parents’ hobbies! Basically, our kids will learn what we introduce to them, and will also follow our behaviors and habits.

We learn from our childhood experiences, from our parents’ parenting method. Nevertheless, we also still need to learn more and have to adapt or adjust some other things that our parents might not teach us, because they might not have encountered it during their era back then, as now we live in a different era. Hopefully as parents we can be good examples for our kids, and they will grow up as we hope them to. I want Izzy to be proud of having me as her mom, just like what I feel about my parents. :)

Izzy is cooking


———————————

Hai teman-teman Beary!

Daddy bear telah kembali bekerja dari kantornya minggu ini, dan dia akan kembali bekerja dari rumah minggu depan. Sejujurnya aku lebih suka dia berada di rumah bersama kami; senang memiliki dia di sekitar kami, bahkan ketika dia harus fokus di ruangan lain selama berjam-jam karena WFH.  Setidaknya daddy ada di sana, dan masih bisa membantu saat dibutuhkan.

Kami menanyakan Izzy tempo hari apakah dia ingin punya saudara perempuan atau laki-laki, atau tidak. Dia menjawab "ya!" dengan sedikit 'th', (dia memiliki lidah di antara giginya). Sangat lucu! Dia menambahkan "saudara perempuan", dan kemudian mengubahnya lagi menjadi "saudara laki-laki". Ha ha. Membesarkan satu anak memang tidak mudah, apalagi punya lebih dari satu. Saya selalu mengatakan bahwa setiap kali teman saya bertanya kepada saya tentang memiliki bayi lagi, kami harus siap secara finansial dan (yang paling penting) mental. Jangan salah paham, kami senang menjadi orang tua. Kami menghargai setiap hal kecil yang kami miliki bersama sebagai sebuah keluarga. Namun, sebagai orang yang berkarakter judging (serba terorganisir), saya selalu percaya bahwa segala sesuatu perlu dipikirkan dengan matang, semuanya harus dijadwalkan dan terstruktur. Ini seperti bermain catur.  Seorang anak lagi sempurna! Tapi semoga tahun depan, bukan tahun ini. ;) Saya rasa saya tidak ingin memiliki anak sebanyak ibu saya, dua anak saja sudah cukup untuk saya. Meskipun, saya salut kepada orang tua saya, karena mereka membesarkan saya dan saudara saya dengan baik dengan cinta dan kasih sayang. Kami jelas bukan orang terkaya, juga bukan orang paling sukses di dunia ini, tetapi kami selalu saling mencintai, kami benar-benar peduli satu sama lain, dan kami selalu ada untuk satu sama lain. Kami terkadang memiliki ketidaksepakatan, namun kami selalu berhasil memperbaikinya dengan kepala dingin dan hati yang hangat. Kami terkadang memiliki cara pandang yang berbeda, namun kami selalu berusaha untuk menghormatinya, mengesampingkannya, dan hidup damai dengan perbedaan tersebut. Saya dengan bangga mengatakan bahwa orang tua saya berhasil membesarkan saya dan saudara-saudara saya.

Bagi saya, kita hanya bisa mengetahui apakah orang tua berhasil membesarkan anak ketika semua anak sudah besar. Kita dapat melihat bagaimana anak-anak dapat bertahan hidup di dunia dan mandiri tanpa menyulitkan orang tua atau orang lain, bagaimana mereka menyelesaikan masalah mereka, bagaimana anak-anak menemukan jalannya sendiri dalam mengejar impiannya, dengan bermartabat dan berintegritas. Juga bagaimana hubungan mereka dengan anggota keluarga yang lain: dalam hal ini, saudara mereka (jika punya), bagaimana mereka memperlakukan orang tua dengan hormat, bahkan ketika mereka semua sudah memiliki kehidupan sendiri, dan bagaimana mereka bertindak dalam masyarakat.

Misalnya, tampaknya tidak semua orang menerapkan kesopanan umum dalam hidup mereka. Meskipun “Maaf, permisi, tolong, dan terima kasih” adalah hal yang harus dikatakan! Saya yakin kebanyakan dari kita diajar oleh orang tua kita sejak kita masih kecil. Namun saya melihat beberapa orang dewasa yang saya kenal bahkan tidak repot-repot mengatakan maaf, mereka tidak mengakui ketika mereka melakukan kesalahan, atau menunjukkan penghargaan kepada orang lain yang memberi mereka sedikit bantuan dalam kehidupan sehari-hari. Saya selalu mencoba untuk berpikir positif pada awalnya setiap kali saya bertemu orang seperti itu, kemudian ketika itu terjadi terlalu sering, saya mulai bertanya-tanya apakah mereka tidak diajari oleh orang tua mereka ketika mereka masih muda, atau mereka pelupa, atau mereka hanya cuek.

Saya yakin sebagian besar anak-anak mengagumi orang tua mereka, dan selalu bangga pada mereka. Sebagian besar dari kita menulis "Selamat Hari Ibu untuk ibu terbaik di dunia ...", atau "Selamat Hari Ayah, pahlawan superku, ayah terbaik di alam semesta...", di platform media sosial kita. Namun, saya bertanya-tanya apakah orang benar-benar bersungguh-sungguh dengan apa yang mereka 'bangga' katakan tentang orang tua mereka, atau apakah mereka hanya menyalin-tempel kutipan atau teks kehidupan orang lain. Jika mereka sungguh-sungguh, maka saya memiliki beberapa pertanyaan dalam pikiran untuk sesama orang tua baru, termasuk:

“Apakah kamu membesarkan anak-anak kamu seperti cara kamu dibesarkan?”
 dan
“Apakah kamu mengikuti jejak orang tuamu?”

 Atau, untuk calon orang tua:

“Maukah kamu membesarkan anak-anakmu seperti kamu dibesarkan?”
dan
“Maukah kamu mengikuti jejak orang tuamu?”

Tidak ada orang tua yang sempurna, karena kita semua hanyalah manusia. Kita membaca, kita menonton, kita bertanya, kita mendengarkan, kita menghadiri seminar, dan ada banyak cara lain untuk menjadikan kita orang tua yang lebih pintar. Kita membuat kesalahan, kita belajar, kita mencoba untuk tidak jatuh ke lubang yang sama. Saya yakin sebagai orang tua, kita selalu berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik semampu kita. Setiap orang tua memiliki caranya masing-masing dalam membesarkan anak-anaknya. Saya tidak melihat pentingnya menilai atau mendiskreditkan metode pengasuhan orang tua lain, karena saya percaya setiap orang tua harusnya tahu yang terbaik untuk anak mereka sendiri. Selain itu, kita belajar lebih banyak dari kesalahan yang kita buat daripada dari apa yang kita lakukan dengan benar, dan sebagai keluarga yang relatif baru, ada banyak kesempatan untuk belajar.

Semua orang pernah menjadi anak-anak, dan saya selalu percaya bahwa kita juga dapat belajar dari metode pengasuhan orang tua kita sendiri, apakah itu hal-hal baik yang mereka ajarkan kepada kita, atau bahkan belajar dari kesalahan yang mereka buat. Meskipun kita mungkin akan belajar dari kesalahan kita sendiri juga. Saya percaya tidak ada yang bisa mengajari kita lebih baik daripada pengalaman kita sendiri; pengalaman kita sebagai anak-anak, dan pengalaman kita sebagai orang tua. Saya telah mencoba menerapkan beberapa metode orang tua saya, karena saya ingat hal-hal yang mereka ajarkan kepada kami, cara mereka memperlakukan kami, atau bahkan cara mereka memperlakukan orang lain. Ketika kami masih muda, kami secara tidak sadar mengambil contoh dari kepribadian dan karakter orang tua kita. Kita bisa menyebarkan hal-hal baik kepada anak-anak kita sendiri. Misalnya ayah saya adalah orang yang sabar, ternyata adik laki-laki saya memiliki kepribadian yang mirip dengannya. Contoh lainnya adalah ibu saya, yang tidak suka menunda-nunda - dia menghargai waktu. Itu juga menjadi karakter saya, karena saya benci menunda-nunda. Saya selalu berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas saya secara akurat dan efisien. Seiring bertambahnya usia, saya juga belajar dari kedua orang tua saya bahwa tepat waktu adalah suatu keharusan, karena itu menunjukkan dedikasi dan rasa hormat kita. Itu adalah beberapa dari banyak hal baik yang saya pelajari dari orang tua saya. Sekarang, sebagai orang tua dari balita, saya perlu menjadi contoh yang baik untuk Izzy. Dia adalah gadis yang baik, dia bahkan menyimpan mainannya sendiri tepat setelah dia selesai bermain dengannya. Saya bangga padanya.

Ketika kami masih kecil, saya dan saudara saya mulai mengikuti hobi orang tua kami juga. Almarhum ayah saya sangat suka membaca dan mengoleksi buku, dan sekarang kami juga. Kedua orang tua saya juga suka menyanyi dan menari, mendengarkan musik sepanjang waktu, dan coba tebak? Saya mewarisi dorongan mereka untuk sukses, sebagian dari bakat mereka, keinginan mereka untuk belajar, dan daya saing mereka. Tak lupa alm. ayah juga mengenalkan saya dan adik-adik saya pada konsol game, komputer, laptop, dan gadget lainnya sejak kami masih kecil.

Saat ini, di era digital seperti sekarang ini, kita tidak dapat memungkiri bahwa anak-anak akan diperkenalkan dengan gadget cepat atau lambat, karena kita juga sering menggunakan gadget kita. Terutama selama pandemi ini, karena kita lebih sering tinggal di dalam rumah. Kita hanya perlu membatasi waktu layar untuk anak-anak kita, agar mereka tidak bermain-main dengan gadget mereka terlalu lama setiap saat. Kami mengizinkan Izzy bermain game pembelajaran atau menonton anak-anak Youtube di iPad kami, tetapi dia juga suka membaca buku, menari, bernyanyi, berolahraga, dll. Dia telah mengikuti hobi orang tuanya! Pada dasarnya, anak-anak kita akan mempelajari apa yang kita perkenalkan kepada mereka, dan juga akan mengikuti perilaku dan kebiasaan kita.

Kita belajar dari pengalaman masa kecil kita, dari metode pengasuhan orang tua kita. Namun demikian, kita juga masih perlu belajar lebih banyak dan harus menyesuaikan atau menyesuaikan beberapa hal lain yang mungkin tidak diajarkan oleh orang tua kita kepada kita, karena mungkin saja tidak pernah mereka temui pada zamannya dulu, karena sekarang kita hidup di zaman yang berbeda. Semoga sebagai orang tua kita bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kita, dan mereka akan tumbuh seperti yang kita harapkan.  Saya ingin Izzy bangga memiliki saya sebagai ibunya, seperti yang saya rasakan tentang orang tua saya.  :)

Comments