MBMT: Get To Know & Improve Ourselves #SelfLove (Bilingual)

Happy sunday y’all!

We usually go down to the outdoor playground either in the morning or in the afternoon, but today the rain is still pouring a little bit, and it’s still wet outside. Apparently the rain, thunder and lightening went mental last night. Daddy Bear was awakened by them around 1 AM. I was out cold, sound asleep as per usual. It’s already February 2021! Don’t you know that it’s a perfect rectangular month, it starts with a Monday and ends on a Sunday, and day is counted four times. I always wonder how the people who were born on Feb 29 would celebrate their birthday when it’s not a leap year like this, since the day occurs only every four years. Ha!

Every year on our birthday or in our new year’s resolution, most of us make a wish to be a better version of ourselves. However, in order to make that happen, we cannot just keep saying that every year without actually doing something. We need to start with getting to know ourselves more, and make some effort to achieve what we wish for. Therefore our wishes do not just remain wishes, we have to ‘get up’ and make them happen! Achievements do not always lay on the outer goals, but also our inner goals. As humans, we also need to make improvements to our attitude, emotions, habits, or even our mentality.

Do we really know ourselves?
Do we really love ourselves?
We need to be true to ourselves, we need to start with self-love and self-appreciation. I always believe that those two elements are important. For me, if we really love ourselves, we appreciate ourselves by being grateful of what we have, we try our best to maintain what we have physically, but we are willing to put in more effort in order to improve things, in this case mentally. We give ourselves self-affirmation, and are proud of who we are; we appreciate what we have or what we have done and achieved, even the smallest thing, knowing our strengths, and keep trying to be the best that we can be. However, on the other hand, we need to be aware of our flaws and weaknesses as well, as nobody is perfect. If we wish to be a better person, we need to acknowledge them, and figure out on how to improve them.

Do we know our strengths?
Do we know our weaknesses / flaws?
For someone who is quite confident and optimistic, it’s a piece of cake to make a list about my strengths. LOL. But sometimes people with similar characters as mine forget to take a seat, learn about our own weaknesses, and figure out how to improve them. On the other hand, people who have the opposite character, the ones who are shy, lacking confidence, or are perhaps pessimistic, often focus more on their flaws and weaknesses than be proud of their strengths. They tend to belittle themselves, or devalue their role in life. They also need to take a time to be more appreciative of what they have.

We do not know what other people really think about us, unless they state it. It’s good to listen to our close friends, or our family’s opinion about ourselves so we can do introspection. However, no one really understands us more than ourselves. What I did is I wrote down on my phone notes about my strengths, but I also listed my weaknesses and flaws as a reminder - the note about strengths can be used as self-motivation and self-affirmation, and the weaknesses and flaws note can keep us grounded. It’s a reminder for us to improve ourselves to be a better person.


Izzy Bear at the playground
Izzy and her pillow face!

Love yourself the way you are!
Most people are too scared to be judged by other people. They want to look perfect from the outside, they want to look flawless on their social media. That is why face & body editing applications are so popular nowadays. People use too many filters on pictures they post on social media, which I honestly dislike (I’m one of those no-filter photo fans. If you check my Instagram feed, you’ll see minimal to no filter use). I don’t blame them though, as everyone has different taste. I guess it’s also a human nature when someone wants to look perfect, but they seem to forget that nobody is. Oh well, I used to be one of them back then, waaayyy back. IMHO: just be yourself, especially if you wish to find the right man who will take you the way you are, and still see that you’re still pretty even when you don’t feel like at your best.

When I was younger and still single, I enjoyed receiving many compliments from other people, especially guys. I guess that’s understandable. Not just about the physical compliments, but even better when they gave me compliments about the non-physical things, such as my brain, character, personality, etc. I did not want to lose my ‘fans’ and the good feelings I had when I got those compliments. Until I met my right guy, Izzy’s daddy, the one who accepts me the way I am with all my imperfections. I met him during the time when I had a hormonal breakout on my face for the first time in my life. I never really had massive skin problems when I was still a teenager, not until I was a bit older, in my early twenties. Although I did not lose my confidence, it definitely made me a little bit uncomfortable. I was unhappy with my skin problem. Before I met him, I was very careful on what I posted on my social media. I was scared to look ugly and scary. I edited and removed all the zits from my face using a phone application or even Photoshop. I have never been a fan of filters that make my skin looks whiter than it is though, as I’m always proud of my own skin. I never really edited my body too. I was always proud of my curvy body, and my flat tummy, never wanted to look skinny like when I was a teen anyway. I used filters that made my facial skin looks smooth in the pictures, it removed every zits including my pores, so I had no pores in the pictures. How silly I was! LOL.

As I grew older, I finally changed my perspective about self-love, and even laughed at my old self. I wonder why I did that to myself. Why I even cared enough about other people’s opinions, or losing the compliments I used to get. I started realizing that I do not need many compliments from many people anymore, as long as I know my value, and how to compliment myself. Plus, what really matters are the compliments and the support from the people who truly love us and take us as we are. As they say, the people who don’t accept us when we are on our lowest point or at our worse, they definitely don’t deserve us when we are on the top or at our best. As simple as that.

I personally don’t mind posting pictures when I am sweaty, when I haven’t showered, or when I don’t wear any make up and whatnot. As long as I still look ‘human’, and the pictures quality is good. Normally when I’m at the gym, my intention is to motivate other people to work out. I don’t care if other people think negative about my no-make-up-look, I only care if the opinion is coming from the people that genuinely care about me (including myself, as I do care about my own opinion). When I feel like I’m not at my best (for example: when I have many zits or when I’m a bit chubbier), I prefer not to take any pictures whatsoever, unless it is really needed. The problem is if we don’t edit and remove the zits in the close-up pictures, it will disturb other people’s eyes. It won’t look aesthetically pleasing either. Some people are probably okay, but most people will definitely be disturbed, at least I am, because I have a bit of Trypophobia too. But for me, being chubby is not disturbing at all, I never said I liked it, but I could care less about other people’s opinions about my post-partum body at the time. I enjoy the process of life, and I prefer to keep it real. I didn’t want to edit my pictures for the sake of looking skinnier. I would rather post my chubby pictures without editing, than not remain true to myself. I just don’t see the point of lying to other people or the most important, lying to myself about the real situation. It’s good to reminisce about the good memories, even when I was chubbier, I always enjoy flicking through my social media pictures every now and then. That was why I still posted all my holiday pictures although I looked chubbier at the time. They are still good memories to reminisce over. When I had one or two zits, I did not edit my pictures, I still posted them. But when my face had a breakout, I prefer not to post anything until my face is fixed in real life. Therefore all I need to do is try to find the real solution, rather than edit it for the sake of looking flawless on social media. Just like my body, I prefer to work out routinely rather than to edit my body in the pictures. Nah! I don’t need to impress anybody apart from myself and my husband, and it’s not just on the social media, but also in real life.

Izzy Bear riding a horse!

I’m blessed that Daddy Bear takes me as I am, but I am also blessed to be able to love myself the way I am. We always try to support each other to be the better version of ourselves, and we always try to communicate what we like and dislike about one another, what needs to be improved, and we try our best to make that happen. However, the most important is we get to know our own strengths, weaknesses and flaws, hold ourself in high esteem, be our own supporter, keep loving and improving ourselves. <3

——————————

Selamat hari minggu ya!

Kami biasanya turun ke taman bermain outdoor baik di pagi atau sore hari, tapi hari ini hujan masih turun sedikit, dan di luar masih basah. Rupanya hujan, guntur dan kilat menggila semalam. Daddy Bear dibangunkan oleh mereka sekitar jam 1 subuh. Saya di alam bawah sadar, tidur nyenyak seperti biasa. Sudah Februari 2021! Kamu tahu tidak bahwa ini adalah bulan persegi panjang yang sempurna, dimulai dengan hari Senin dan berakhir pada hari Minggu, dan hari dihitung empat kali. Saya selalu bertanya-tanya bagaimana orang yang lahir pada 29 Februari akan merayakan ulang tahunnya padahal bukan tahun kabisat seperti ini, karena hari itu hanya terjadi setiap empat tahun. Ha!

Setiap tahun pada hari ulang tahun kita atau dalam resolusi tahun baru kita, kebanyakan dari kita memiliki keinginan untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri kita sendiri.  Namun, untuk mewujudkannya, kita tidak bisa terus mengatakan itu setiap tahun tanpa benar-benar melakukan sesuatu. Kita perlu mulai dengan lebih mengenal diri kita sendiri, dan berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan. Oleh karena itu keinginan kita tidak hanya tinggal keinginan, kita harus 'bangkit' dan mewujudkannya! Prestasi tidak selalu terletak pada tujuan luar, tetapi juga tujuan batin kita. Sebagai manusia, kita juga perlu memperbaiki sikap, emosi, kebiasaan, atau bahkan mental kita.

Apakah kita benar-benar mengenal diri kita sendiri?
Apakah kita benar-benar mencintai diri kita sendiri?
Kita harus jujur ​​pada diri kita sendiri, kita perlu memulai dengan cinta terhadap diri dan penghargaan diri sendiri. Saya selalu percaya bahwa kedua elemen itu penting. Bagi saya, jika kita benar-benar mencintai diri kita sendiri, kita menghargai diri kita dengan mensyukuri apa yang kita miliki, kita berusaha sebaik mungkin untuk menjaga apa yang kita miliki secara fisik, tetapi kita bersedia berusaha lebih keras untuk memperbaiki keadaan kita, dalam hal ini secara mental. Kita memberi diri kita penegasan diri, dan bangga dengan diri kita; kita menghargai apa yang kita miliki atau apa yang telah kita lakukan dan capai, bahkan hal terkecil sekalipun, mengetahui kekuatan kita, dan terus berusaha menjadi yang terbaik yang kita bisa. Namun, di sisi lain, kita juga perlu memahami kekurangan dan kelemahan kita, karena tidak ada orang yang sempurna. Jika kita ingin menjadi orang yang lebih baik, kita perlu mengakuinya, dan mencari cara untuk memperbaikinya.

Apakah kita mengetahui kelebihan-kelebihan kita?
Apakah kita mengetahui kelemahan / kekurangan kita?
Untuk seseorang yang cukup percaya diri dan optimis, sangat mudah untuk membuat daftar tentang kekuatan / kelebihan-kelebihan saya. Haha. Tapi terkadang orang dengan karakter yang mirip dengan saya lupa untuk ‘duduk’, belajar tentang kelemahan kita sendiri, dan mencari cara untuk memperbaikinya. Di sisi lain, orang yang memiliki karakter berlawanan, yaitu orang yang pemalu, kurang percaya diri, atau mungkin pesimis, sering kali lebih fokus pada kelemahan dan kekurangannya daripada bangga dengan kelebihannya. Mereka cenderung meremehkan diri sendiri, atau merendahkan peran mereka di dalam kehidupan. Mereka juga perlu meluangkan waktu untuk lebih menghargai apa yang mereka miliki.

Kita tidak tahu apa yang orang lain pikirkan tentang kita, kecuali mereka menyatakannya. Ada baiknya mendengarkan teman dekat kita, atau pendapat keluarga kita tentang diri kita sendiri agar kita bisa melakukan introspeksi. Namun, tidak ada yang benar-benar memahami diri kita lebih dari diri kita sendiri. Apa yang saya lakukan adalah menulis di Note telepon saya tentang kekuatan / kelebihan saya, tetapi saya juga mencantumkan kelemahan dan kekurangan saya sebagai pengingat - catatan tentang kelebihan dapat digunakan sebagai motivasi diri dan penegasan diri, dan catatan kelemahan dan kekurangan dapat membuat kita tetap membumi. Itu menjadi pengingat bagi kita untuk meningkatkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Cintai diri kamu apa adanya!
Kebanyakan orang terlalu takut untuk dihakimi oleh orang lain. Mereka ingin terlihat sempurna dari luar, mereka ingin terlihat sempurna di media sosial mereka. Itu sebabnya aplikasi edit wajah & tubuh begitu populer saat ini. Orang-orang menggunakan terlalu banyak filter pada gambar yang mereka posting di media sosial, yang sejujurnya saya tidak suka (saya salah satu penggemar foto tanpa filter. Jika kamu memeriksa feed Instagram saya, kamu akan melihat penggunaan filter minimal atau tidak ada). Saya tidak menyalahkan mereka, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. Saya rasa itu juga merupakan sifat manusia ketika seseorang ingin terlihat sempurna, tetapi mereka sepertinya lupa bahwa tidak seorang pun yang sempurna. Oh, saya juga dulu salah satunya, duluuuu banget. Sekedar pendapat saya dengan penuh kerendahan hati: jadilah dirimu sendiri, terutama jika kamu ingin menemukan pria yang tepat yang akan menerimamu apa adanya, dan tetap melihatmu masih cantik bahkan ketika kamu sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Ketika saya masih muda dan masih lajang, saya senang menerima banyak pujian dari orang lain, terutama laki-laki.  Saya rasa itu bisa dimengerti. Bukan hanya pujian fisik, tetapi bahkan lebih baik ketika mereka memberi saya pujian tentang hal-hal non-fisik, seperti otak saya, karakter, kepribadian, dll. Saya tidak ingin kehilangan 'penggemar' saya dan perasaan baik yang saya miliki ketika saya mendapat pujian itu. Sampai saya bertemu pria yang tepat, daddy-nya Izzy, orang yang menerima saya apa adanya dengan semua ketidaksempurnaan saya. Saya bertemu dengannya saat saya mengalami masalah hormonal di wajah saya untuk pertama kalinya dalam hidup saya. Saya tidak pernah benar-benar memiliki masalah kulit yang parah ketika saya masih remaja, tidak sampai saya sedikit lebih tua, di awal usi dua puluhan. Meskipun saya tidak kehilangan kepercayaan diri saya, itu pasti membuat saya sedikit tidak nyaman. Saya tidak senang dengan masalah kulit saya. Sebelum saya bertemu dengannya, saya sangat berhati-hati dengan apa yang saya posting di media sosial saya. Saya takut terlihat jelek dan menakutkan. Saya mengedit dan menghilangkan semua jerawat dari wajah saya menggunakan aplikasi telepon atau bahkan Photoshop. Saya tidak pernah menyukai filter yang membuat kulit saya terlihat lebih putih dari yang sebenarnya, karena saya selalu bangga dengan kulit saya sendiri. Saya tidak pernah benar-benar mengedit tubuh saya juga. Saya selalu bangga dengan tubuh saya yang berlekuk, dan perut saya yang rata, tidak pernah ingin terlihat kurus seperti ketika saya masih remaja. Saya menggunakan filter yang membuat kulit wajah saya terlihat mulus di gambar, menghilangkan semua jerawat termasuk pori-pori saya, jadi saya tidak punya pori-pori di gambar. Betapa konyolnya saya dulu! Hahaha.

Seiring bertambahnya usia, saya akhirnya mengubah perspektif saya tentang cinta diri, dan bahkan menertawakan diri saya yang lama. Saya bertanya-tanya mengapa saya melakukan itu pada diri saya sendiri. Mengapa saya bahkan cukup peduli dengan pendapat orang lain, atau takut kehilangan pujian yang biasa saya dapatkan. Saya mulai menyadari bahwa saya tidak membutuhkan banyak pujian dari banyak orang lagi, selama saya tahu nilai saya, dan bagaimana memuji diri saya sendiri. Ditambah, yang paling penting adalah pujian dan dukungan dari orang-orang yang benar-benar mencintai kita dan menerima kita apa adanya.  Seperti yang mereka katakan, orang-orang yang tidak menerima kita saat kita berada di titik terendah atau lebih buruk, mereka pastinya tidak pantas mendapatkan kita di saat kita berada di puncak atau dalam kondisi terbaik kita.  Sesimpel itu.

Saya pribadi tidak keberatan memposting gambar ketika saya berkeringat, ketika saya belum mandi, atau ketika saya tidak memakai riasan wajah dan yang lainnya. Selama saya masih terlihat 'manusia', dan kualitas gambarnya bagus. Biasanya saat saya di gym, niat saya adalah memotivasi orang lain untuk berolahraga. Saya tidak peduli jika orang lain berpikir negatif tentang penampilan saya yang tidak dandan, saya hanya peduli jika pendapat itu datang dari orang-orang yang benar-benar peduli kepada saya (termasuk saya sendiri, karena saya sangat peduli dengan pendapat saya sendiri). Ketika saya merasa tidak dalam kondisi terbaik (misalnya: ketika saya memiliki banyak jerawat atau ketika saya sedikit lebih gemuk), saya memilih untuk tidak mengambil foto apa pun, kecuali jika benar-benar diperlukan. Masalahnya jika kita tidak mengedit dan menghilangkan jerawat pada foto close-up akan mengganggu pandangan mata orang lain. Itu juga tidak akan terlihat menyenangkan secara estetika. Beberapa orang mungkin baik-baik saja, tetapi kebanyakan orang pasti akan terganggu, setidaknya saya terganggu, karena saya juga memiliki sedikit Trypophobia. Tapi bagi saya, menjadi gemukan tidak mengganggu sama sekali, saya tidak pernah mengatakan saya menyukainya, tapi saya tidak ambil pusing dengan pendapat orang lain tentang tubuh saya setelah melahirkan saat itu. Saya menikmati proses kehidupan, dan saya lebih suka menjaganya tetap nyata. Saya tidak ingin mengedit gambar saya demi terlihat lebih kurus. Saya lebih suka memposting foto gemukan saya tanpa mengedit, daripada tidak tetap menjadi diri saya sendiri. Saya hanya tidak melihat pentingnya berbohong kepada orang lain atau yang paling penting, berbohong kepada diri sendiri tentang situasi yang sebenarnya. Saya senang mengenang kenangan indah, bahkan ketika saya masih gemukan, saya selalu menikmati membolak-balik foto media sosial saya sesekali. Itulah mengapa saya masih memposting semua foto liburan saya meskipun saya terlihat lebih gemuk saat itu. Itu masih merupakan kenangan indah untuk dikenang. Ketika saya memiliki satu atau dua jerawat, saya tidak mengedit foto saya, saya masih mempostingnya. Tetapi ketika wajah saya penuh jerawat, saya memilih untuk tidak memposting apa pun sampai wajah saya diperbaiki dalam kehidupan nyata. Maka dari itu yang perlu saya lakukan hanyalah mencoba mencari solusi sebenarnya, daripada mengeditnya demi terlihat tanpa kekurangan di media sosial. Sama seperti tubuh saya, saya lebih suka berolahraga secara rutin daripada mengedit tubuh saya dalam foto. Nah! Saya tidak perlu membuat orang lain terkesan selain diri saya sendiri dan suami saya, dan ini tidak hanya di media sosial, tetapi juga di kehidupan nyata.

Saya diberkati karena Daddy Bear menerima saya apa adanya, tetapi saya juga diberkati karena dapat mencintai diri saya apa adanya. Kami selalu berusaha untuk mendukung satu sama lain untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri kami, dan kami selalu mencoba untuk mengkomunikasikan apa yang kami suka dan tidak suka tentang satu sama lain, apa yang perlu ditingkatkan, dan kami mencoba yang terbaik untuk mewujudkannya. Namun yang terpenting adalah kita mengenal kelebihan, kelemahan dan kekurangan kita sendiri, menghargai diri sendiri, menjadi pendukung diri, tetap mencintai dan memperbaiki diri sendiri. <3

Comments