MBMT: Avoid Overconsumption, Live Within Your Means (Bilingual)

Hello!

I got a message from an old friend who offered me another skincare product: she was actually the 3rd friend who texted me with the same purpose. Basically, all of them offered me 3 different skincare products in the past 3 months. I respect their efforts, and the fact that they are trying to earn more money by joining MLM companies. The last one even said that the product that she offered is so popular, many beauty bloggers suggest the product and it’s almost out of stock. That’s a good selling point, and she used very persuasive words, but I don’t think it works for me.

I’m not one of the people who are FOMO (Fear Of Missing Out). I always think twice before buying things, whether I need it or not. Even when I need it, I will take my time to check the product review, ask around, and whatnot. I have a sensitive skin, I don’t want to buy skincare or make-up just because they are popular. I don’t normally like to buy stuff that is too popular either. Plus, I don’t buy more stuff if I still have a product with the same purpose and function. I always try to avoid overconsumption

I bought another new skincare product 1 and a half months ago from the first friend who offered. Even so, I didn’t agree to buy the product right away. I always give the same answer, I will think about it and will let them know if I make my mind. I texted her back to buy the facial wash and the oil that she offered. I did not buy the other things, since I still have the other product that has the same function. I’m still patiently giving the product a chance with my skin. I don’t think we can see the result that fast right? So I’m being patient, and keeping myself away from overconsumption.

Avoid Overconsumption

Speaking of overconsumption, maybe some of us are wondering how can we tell the difference between consumption or overconsumption? 
For me, if we can separate what we need and what we want, and manage to control it, that means we can tell the difference. As humans, our basic needs are food & water, clothing, and shelter. In the modern days, health, safety, sanitation and education are also included as needs. Anything other than that is considered as our wants. Even the aforementioned needs, if it’s more than enough (too many or too much), it’s no longer needs, but wants. Clothing is included as long as we have enough as needed, but if we have too many and we don’t even wear many of our clothes anymore, when we buy the new ones, they are more like wants than needs. Unless the old ones are too small or too big, then you need to alter them or replace them with new ones. Skincare is also a need for our skin health, but if we have too many products with the same function, it’s also more like wants than needs.

Back then when I was a teenager and into my early 20’s, I could go to one shop and buy 3 different pairs of shoes at the same time. That was when I earned money from my freelance job as an MC. For me it was easy money, so I guess that was why I felt fine when I spent it easily. I wish I knew how to invest my money better back then. When I first had my office job, I was not as improvident, but I still didn’t have financial literacy. I ended up spending all my money every month. Not just for my needs, but most of them I used to fulfill my wants. I kept changing phones every year, every time iPhone released their new phones; from iPhone 3Gs, iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, and the last one is iPhone 7 plus in early 2017. After I got married, I started thinking and changing my life priority. I’m still using the same iPhone 7 plus until now. I bought a new iPhone X for Daddy Bear 3 years ago as a Valentine’s surprise gift along with my pregnancy test pack. He had been using his previous phone for years as well, and it was eventually broken. I bought the phone slightly cheaper than the market price, so I guessed it was the right time for him to have a new phone. I actually learned so much from him. Why do we have to change things that are not broken, right? As people say, if ain’t broke, don’t fix it.

Overconsumption
On the note of gadgets, e-waste is an understated hazardous waste in Indonesia, and it’s one of the hardest forms of waste to dispose of. In 2019, a record 53.6 million metric tonnes (Mt) of electronic waste was generated worldwide. Up 21 percent in more just 5 years, according to the UN’s Global E-waste monitor last year in July 2020. Not enough is being done to prevent over consumption of technology, and more and more people are regarding technology much as they do food or drink, or as objects of fashion: spring and fall trends, you know? Luckily there are initiatives out there trying to do something about it. When I was still working for the US Embassy Jakarta, I joined the green team, and we had e-waste disposible boxes in our office for us to drop off our e-waste, and our delegated team will schedule the disposal with a company that handles it. 


My change really started as I grew older, as I believe everything in our body needs to be controlled by us, as the owner, including our desires. I don’t want to let consumerism control me. I’ve been trying to be living more minimalist. I‘ve also been supporting sustainability for years. It’s quite a major change, as I used to be a huge collector of many things. Perhaps half of me still is, as I still have my bikini collections, postcards, fridge magnets, hotel access cards, and some books. But believe me, I’ve been trying to cut it down. At least I don’t have as many collections as I used to have. Ha! I don’t have as many books, I stopped collecting some other stuff and gave them away, and I’m still working on my bikinis. I feel like the least thing I could do is to redeem my ‘bikini sin’ by wearing them, one by one, rotating them. Therefore all my bikinis can get worn, and it does not feel redundant. Luckily we swim quite often, so I can use them.

I don’t buy things that have the same function with the ones I already have. If you were to check my make up kit at home, I only have one compact powder, one blush-on, etc. The only make-up I have more than one of is lipstick. I have several of them, but the colors are definitely not the same - they are in different shades. I just don’t see the point of collecting too much make-up or skincare products, or even other things that have the same function. It’s such a waste of money. I’m not a Make-Up Artist, I don’t make money out of it. I don’t buy a new one until I almost finish the old one. I prefer to give away the ones I don’t use anymore (for instance, it gives reaction to my skin) before buying a new one.

Even for hand bags, I don’t have many of them. I don’t have bags with the same color and the same size. I only buy a new bag once in a while, as self-appreciation, and I always choose to buy the one with the color that I don’t have, or at least I don’t have the same color with the same size of bag. For me, different size of bag means it has a different function. When I want to buy a new bag, yet I already have a similar bag, I normally give away or sell the old one first, so I don’t have 2 similar bags with the same color and the same function. Just like shoes, I don’t buy similar shoes. I do have some pairs of black shoes, but they still have different style or different function. For me, it does not matter whether the clothes, the hand bags and shoes are branded or not, new or preloved, as long as they’re my style, are comfortable to wear, and are of a good quality. I have the responsibility to wear them all and rotate them, so they are not just sitting in the wardrobe forever.

I don’t mind buying and wearing the second hand stuff either, and I’m not ashamed of it. As long as the quality is still good. When I buy new things, I prefer to pay a bit more. I prefer to save up a little bit, and buy the quality. It will normally last longer, and we don’t have to change it as quickly. I guess Being too cheap is no good either. When it comes to home furniture and big appliances though, such us mattress, oven, stove, fridge, etc. I prefer to save up and buy the best quality ones, although sometimes it’s more expensive than the usual ones. But they always come with longer warranty, maintenance service, and they don’t get broken easily. That’s what we have been planning to do for our new property. We want appliances that will last, and in this case, buying second hand isn’t really an option. We need the assurance that it is new, no question marks.

I don’t normally go shopping often either (apart from groceries). When I need to buy certain things, I buy what I need immediately. Unlike buying skincare and make-up, I don’t normally need more time to decide when it comes to buying clothes, hand bags or shoes. I don’t really do window shopping, in fact I hate it. I don’t really care whether the shops have the “SALE” signs everywhere either. I know it is a massive draw for some people, but I couldn’t care less. If I don’t need anything, I won’t be tempted by it. Unless I’m caught up with my friends, and they want to check some sales, I will accompany them to check, but if I don’t need to buy anything, I won’t buy anything. I always try to stick to my shopping plan, and avoid adding things that I actually don’t need. 

Maybe I’m just one of the tiny percentage of women who don’t really enjoy walking and checking around stuff in the mall. Even when I have an event with a dress code that I don’t have, I prefer to buy it right away when I found the first outift that suits my style, with the right price tag, of course, rather than looking for more options. On my e-commerce applications, my cart is empty most of the time. When I look for something, I search for the exact item, and buy it straight, although of course I always try to be a smart shopper, by comparing the price on the app, as so many sellers sell the same item with a different price. However, I don’t really surf through the apps just to check whether I need more stuff to buy or not. Otherwise, we will end up buying things that we want, but we probably don’t really need.

Overconsumption is such a hard thing to avoid when we have more money. People tend to raise their lifestyle when they earn more. It’s not wrong to give ourselves self-appreciation gifts once in a while, it’s totally fine if we want to upgrade the standard of our life after working so hard and finally earning more, as long as we know our limits. For instance, we finally bought an apartment, after renting them for some time. We previously moved from our small rented apartment to the bigger and more expensive one, because now we have a kid that needs more space and a better environment. It’s only an issue when we live beyond our means. Some people buy stuff for the sake of fulfilling their desires without thinking about saving up or investing their money. Some people even spend all their money on an object and leave themselves with no money. I’m not talking about those millonairres or billionairres. They can buy a ferrari, because it’s nothing compare to how much money they have. I’m not surprised if they have so many Hermes bags, because it’s still nothing compared to the total of their money. It’s part of their lifestyle, I guess it’s normal. It’s not normal if you only have an amount of money in your bank account and you use it all to buy a Hermes bag. Some people even buy them with installments. I just don’t see the point of having consumptive loans like that, unless we can earn profit when we sell it after wearing, then it becomes a productive loan. But in that case, forcing ourselves to buy objects beyond our means is not the smartest thing to do.

How we spend our money is absolutely our right, but for me experience makes me happier than buying physical objects, and it normally lasts longer in my heart. That’s why I prefer to save up 10% of our monthly income for our family vacations or staycations, rather than buying more stuff. Traveling is the best cure for my soul, and it maxes my happiness. I’m happy that Daddy Bear is on the same page. We also don’t mind spending money on Education, or anything for our career development. If we spend money on objects, we would rather invest them on the ones that are worth spending max money:
- The ones that we use to make money: work clothes (but we still don’t spend too much on this one, we spend enough and still below our means).
- The ones that we use to make us healthy: workout clothes (we still spend below our means) and sport equipment (save up a bit more to buy the good quality ones).
- The ones that give us a better quality of life: Home Furniture; mattress, etc. (as we spend a third of our life sleeping, we need a good quality of sleep) and Home Appliances; oven, stove, etc. (They are related to what we cook and what we eat, our food!).
- The ones that will give us profit in the future, and to prevent inflation from nibbling away at our money: Investments on property, stocks, and gold (It suits our risk profile).

Hope we are wise enough in spending and investing our money. Financial literacy is undoubtedly important. I will keep trying to avoid overconsumption and support sustainability to have a better quality of life. :)

——————————

Halo!

Saya menerima pesan dari seorang teman lama yang menawari saya produk perawatan kulit lain: dia sebenarnya adalah teman ke-3 yang mengirimi saya pesan dengan tujuan yang sama. Pada dasarnya, semuanya menawarkan saya 3 produk perawatan kulit berbeda dalam 3 bulan terakhir. Saya menghargai usaha mereka, dan fakta bahwa mereka mencoba menghasilkan lebih banyak uang dengan bergabung dengan perusahaan MLM. Yang terakhir bahkan mengatakan bahwa produk yang dia tawarkan sangat populer, banyak beauty blogger yang menyarankan produk tersebut dan stoknya hampir habis. Itu nilai jual yang bagus, dan dia menggunakan kata-kata yang sangat persuasif, tapi menurut saya itu tidak berhasil untuk saya.

Saya bukan salah satu orang yang FOMO (Fear Of Missing Out). Saya selalu berpikir dua kali sebelum membeli barang, apakah saya membutuhkannya atau tidak. Bahkan ketika saya membutuhkannya, saya akan meluangkan waktu untuk memeriksa review produk, bertanya-tanya, dan yang lainnya. Saya memiliki kulit sensitif, saya tidak ingin membeli skincare atau make-up hanya karena populer. Saya juga biasanya tidak suka membeli barang yang terlalu populer. Selain itu, saya tidak akan membeli lebih banyak barang jika saya masih memiliki produk dengan tujuan dan fungsi yang sama. Saya selalu berusaha untuk menghindari konsumsi berlebihan.

Saya membeli produk perawatan kulit baru satu setengah bulan yang lalu dari teman pertama yang menawarkan. Meski begitu, saya tidak langsung setuju untuk membeli produk tersebut. Saya selalu memberikan jawaban yang sama, saya akan memikirkannya dan akan memberi tahu mereka jika saya membuat keputusan. Saya mengirim pesan kembali untuk membeli pencuci wajah dan minyak yang dia tawarkan. Saya tidak membeli yang lainnya, karena saya masih memiliki produk lain yang fungsinya sama. Saya masih dengan sabar memberikan kesempatan pada produk tersebut untuk kulit saya. Saya tidak berpikir kita dapat melihat hasilnya secepat itu, bukan? Jadi saya bersabar, dan menjauhkan diri dari konsumsi berlebihan.

Berbicara tentang konsumsi berlebih, mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya bagaimana cara membedakan antara konsumsi atau konsumsi berlebih? Bagi saya, jika kita dapat memisahkan apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan, dan mengatur untuk mengendalikannya, itu berarti kita bisa membedakannya. Sebagai manusia, kebutuhan dasar kita adalah makanan & air, sandang, dan papan. Di zaman modern ini, kesehatan, keselamatan, sanitasi dan pendidikan juga termasuk sebagai kebutuhan. Apa pun selain itu dianggap sebagai keinginan kita. Bahkan kebutuhan yang disebutkan di atas, jika sudah lebih dari cukup (terlalu banyak), itu bukan lagi kebutuhan, tetapi keinginan. Pakaian disertakan selama kita memiliki cukup pakaian sesuai kebutuhan, tetapi jika kita memiliki terlalu banyak dan bahkan tidak menggunakan banyak pakaian kita lagi, ketika kita membeli yang baru, pakaian itu lebih seperti keinginan daripada kebutuhan. Kecuali yang lama terlalu kecil atau terlalu besar, maka kamu perlu mempermaknya atau menggantinya dengan yang baru. Perawatan kulit juga merupakan kebutuhan untuk kesehatan kulit kita, tetapi jika kita memiliki terlalu banyak produk dengan fungsi yang sama, itu juga lebih seperti keinginan daripada kebutuhan.

Saat itu ketika saya masih remaja dan memasuki usia awal 20-an, saya dapat pergi ke satu toko dan membeli 3 pasang sepatu yang berbeda pada waktu yang sama. Saat itu ketika saya mendapatkan uang dari pekerjaan freelance saya sebagai MC. Bagi saya itu uang mudah, jadi saya rasa itulah sebabnya saya merasa baik-baik saja ketika dulu saya membelanjakannya dengan mudah. Saya berharap saya tahu bagaimana menginvestasikan uang saya lebih baik saat itu. Ketika saya pertama kali memiliki pekerjaan kantoran, saya tidak terlalu boros, tetapi saya masih belum memiliki pengetahuan finansial. Saya akhirnya menghabiskan semua uang saya setiap bulan. Bukan hanya untuk kebutuhan saya, tetapi kebanyakan dari mereka saya gunakan untuk memenuhi keinginan saya. Dulu saya terus berganti ponsel setiap tahun, setiap kali iPhone merilis ponsel baru mereka; dari iPhone 3Gs, iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, dan yang terakhir adalah iPhone 7 plus di awal tahun 2017. Setelah saya menikah, saya mulai berpikir dan mengubah prioritas hidup saya. Saya masih menggunakan iPhone 7 plus yang sama sampai sekarang. Saya membeli iPhone X baru untuk Daddy Bear 3 tahun yang lalu sebagai hadiah kejutan Valentine sekaligus tes pack kehamilan saya. Dia telah menggunakan ponsel sebelumnya selama bertahun-tahun, dan akhirnya rusak. Saya membeli iPhone tersebut sedikit lebih murah dari harga pasar, jadi saya rasa itu saat yang tepat baginya untuk memiliki ponsel baru. Saya benar-benar belajar banyak darinya. Mengapa kita harus mengubah hal-hal yang tidak rusak, bukan? Seperti kata orang, jika tidak rusak, jangan perbaiki.


Terkait gadget, limbah elektronik adalah limbah berbahaya yang tidak terlalu dibahas di Indonesia, dan salah satu bentuk limbah yang paling sulit dibuang. Pada 2019, tercatat 53,6 juta metrik ton (Mt) limbah elektronik dihasilkan di seluruh dunia. Naik 21 persen lebih hanya dalam 5 tahun, menurut pemantau limbah elektronik Global PBB tahun lalu pada Juli 2020. Tidak cukup banyak yang dilakukan untuk mencegah konsumsi teknologi yang berlebihan, dan semakin banyak orang yang memperhatikan teknologi seperti halnya makanan atau minuman, atau sebagai objek mode: tren musim semi dan musim gugur, lho? Untungnya, ada inisiatif di luar sana yang mencoba melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Ketika saya masih bekerja untuk Kedutaan Besar AS Jakarta, saya bergabung dengan green team, dan kami memiliki kotak pembuangan limbah elektronik di kantor kami untuk kita meletakkaa sampah elektronik kita, dan tim kami yang didelegasikan akan menjadwalkan pembuangan dengan perusahaan yang menanganinya.

Perubahan saya benar-benar dimulai seiring bertambahnya usia, karena saya percaya semua yang ada di tubuh kita perlu dikendalikan oleh kita, sebagai pemilik, termasuk keinginan kita. Saya tidak ingin membiarkan konsumerisme mengendalikan saya. Saya telah mencoba untuk hidup lebih minimalis. Saya juga telah mendukung keberlanjutan selama bertahun-tahun. Ini perubahan yang cukup besar, karena saya dulu adalah kolektor besar dari banyak hal. Mungkin separuh dari diri saya masih seperti itu, karena saya masih memiliki koleksi bikini, kartu pos, magnet kulkas, kartu akses hotel, dan beberapa buku. Tapi percayalah, saya telah mencoba untuk menguranginya. Setidaknya saya tidak memiliki banyak koleksi seperti dulu. Ha! Saya tidak memiliki banyak buku, saya berhenti mengumpulkan beberapa barang lain dan memberikannya ke orang lain, dan saya masih mencari jalan untuk koleksi bikini saya. Saya merasa hal yang paling memungkinkan dapat saya lakukan adalah menebus 'dosa bikini' saya dengan memakainya, satu per satu, memutarnya. Karenanya semua bikini saya bisa terpakai, dan tidak terasa mubazir. Untung kami cukup sering berenang, jadi saya bisa memakainya.

Saya tidak membeli barang yang memiliki fungsi yang sama dengan yang sudah saya miliki. Kalau kamu akan mengecek alat rias saya di rumah, saya hanya punya satu bedak padat, satu blush on, dll. Satu-satunya make up yang saya punya lebih dari satu adalah lipstik. Saya punya beberapa, tetapi warnanya jelas tidak sama - warnanya berbeda. Saya hanya tidak melihat gunanya mengumpulkan terlalu banyak produk make-up atau skincare, atau bahkan hal-hal lain yang memiliki fungsi yang sama. Buang-buang uang. Saya bukan Penata Rias, saya tidak menghasilkan uang darinya. Saya tidak membeli yang baru sampai saya hampir menyelesaikan yang lama. Saya lebih suka memberikan ke orang lain yang tidak saya gunakan lagi (misalnya, yang memberi reaksi pada kulit saya) sebelum membeli yang baru.

Bahkan untuk tas tangan, saya tidak punya banyak. Saya tidak punya tas dengan warna dan ukuran yang sama. Saya hanya sesekali membeli tas baru, sebagai penghargaan diri, dan saya selalu memilih untuk membeli tas dengan warna yang tidak saya miliki, atau setidaknya saya tidak memiliki warna tas yang sama dengan ukuran yang sama. Bagi saya, beda ukuran tas berarti memiliki fungsi yang berbeda pula. Kalau saya ingin beli tas baru, tapi sudah punya tas yang mirip, biasanya saya berikan ke orang lain atau saya jual tas yang lama dulu, jadi saya tidak punya 2 tas yang mirip dengan warna dan fungsi yang sama. Sama halnya dengan sepatu, saya tidak membeli sepatu serupa. Saya memang punya beberapa pasang sepatu hitam, tapi gaya dan fungsinya masih berbeda. Bagi saya, tidak masalah apakah pakaian, tas tangan, dan sepatu itu bermerek atau tidak, baru atau bekas, asalkan sesuai dengan gaya saya, nyaman dipakai, dan berkualitas baik. Saya memiliki tanggung jawab untuk memakai semuanya dan menggilirnya, jadi mereka tidak hanya duduk di lemari selamanya.

Saya juga tidak keberatan membeli dan memakai barang bekas, dan saya tidak malu karenanya. Asalkan kualitasnya masih bagus. Saat saya membeli barang baru, saya lebih suka membayar sedikit lebih mahal. Saya lebih suka menabung sedikit, dan membeli yang berkualitas. Biasanya akan bertahan lebih lama, dan kami tidak perlu menggantinya secepat itu. Saya kira menjadi terlalu pelit juga tidak bagus. Jika menyangkut furnitur rumah dan peralatan besar, seperti kasur, oven, kompor, lemari es, dll. Saya lebih suka menabung dan membeli yang berkualitas terbaik, meski terkadang harganya lebih mahal dari biasanya. Tapi mereka selalu datang dengan garansi yang lebih lama, layanan pemeliharaan, dan tidak mudah rusak. Itulah yang telah kami rencanakan untuk properti baru kami. Kami ingin peralatan yang tahan lama, dan dalam hal ini, membeli barang bekas bukanlah pilihan yang tepat. Kami membutuhkan jaminan bahwa ini baru, tidak ada tanda tanya.

Saya biasanya juga tidak sering pergi berbelanja (selain dari bahan makanan). Ketika saya perlu membeli hal-hal tertentu, saya membeli apa yang saya butuhkan dengan segera. Tidak seperti membeli perawatan kulit dan riasan, saya biasanya tidak membutuhkan lebih banyak waktu untuk memutuskan ketika harus membeli pakaian, tas tangan, atau sepatu. Saya tidak terlalu suka window shopping, malah saya membencinya. Saya juga tidak terlalu peduli apakah toko-toko memiliki tanda "SALE" atau diskon di mana-mana. Saya tahu ini adalah hal yang sangat menarik bagi sebagian orang, tetapi saya tidak peduli. Jika saya tidak membutuhkan apa pun, saya tidak akan tergoda olehnya. Kecuali jika saya jalan dengan teman-teman saya, dan mereka ingin memeriksa beberapa barang diskon, saya akan menemani mereka untuk memeriksa, tetapi jika saya tidak perlu membeli apa pun, saya tidak akan membeli apa pun. Saya selalu berusaha untuk tetap berpegang pada rencana belanja saya, dan menghindari menambahkan hal-hal yang sebenarnya tidak saya butuhkan.

Mungkin saya hanya salah satu dari persentase kecil wanita yang tidak terlalu suka berjalan-jalan dan melihat-lihat barang-barang di mal. Bahkan ketika saya memiliki acara dengan dress code yang tidak saya miliki, saya lebih memilih untuk langsung membelinya saat menemukan produk pertama yang sesuai dengan gaya saya, tentunya dengan harga yang tepat, daripada mencari lebih banyak pilihan. Pada aplikasi e-commerce saya, keranjang saya sering kali kosong. Ketika saya mencari sesuatu, saya mencari barang yang persis sama, dan langsung membelinya, walaupun tentunya saya selalu berusaha menjadi pembelanja yang cerdas, dengan membandingkan harga di aplikasi, karena banyak sekali penjual yang menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda. Namun, saya tidak benar-benar menjelajahi aplikasi hanya untuk memeriksa apakah saya perlu lebih banyak barang untuk dibeli atau tidak. Jika tidak, pada akhirnya kita akan membeli barang-barang yang kita inginkan, tetapi kita mungkin tidak terlalu membutuhkannya.

Konsumsi berlebihan adalah hal yang sulit dihindari ketika kita memiliki lebih banyak uang. Orang-orang cenderung meningkatkan gaya hidup mereka ketika mereka menghasilkan lebih banyak. Tidak salah jika sesekali memberikan hadiah penghargaan diri kepada diri sendiri, tidak masalah jika kita ingin meningkatkan taraf hidup kita setelah bekerja keras dan akhirnya menghasilkan lebih banyak, selama kita tahu batasan kita. Misalnya, kami akhirnya membeli apartemen, setelah menyewakan beberapa lama. Kami sebelumnya pindah dari apartemen kontrakan kecil kami ke yang lebih besar dan lebih mahal, karena sekarang kami memiliki anak yang membutuhkan lebih banyak ruang dan lingkungan yang lebih baik. Yang menjadi masalah ketika kita hidup di luar kemampuan kita. Beberapa orang membeli barang demi memenuhi keinginannya tanpa memikirkan untuk menabung atau menginvestasikan uang mereka. Beberapa orang bahkan menghabiskan semua uang mereka untuk sebuah benda dan meninggalkan diri mereka sendiri tanpa uang. Saya tidak berbicara tentang mereka yang miliuner atau bilioner. Mereka dapat membeli mobil ferrari, karena itu jauh berbanding di bawah dengan jumlah uang yang mereka miliki. Saya tidak heran jika mereka memiliki banyak sekali tas Hermes, karena itu masih belum seberapa dibandingkan total uang mereka. Itu bagian dari gaya hidup mereka, saya rasa itu normal. Tidaklah normal jika kamu hanya memiliki sejumlah uang di rekening bank kamu dan kamu menggunakan semuanya untuk membeli tas Hermes. Beberapa orang bahkan membelinya dengan mencicil. Saya hanya tidak melihat gunanya memiliki pinjaman konsumtif seperti itu, kecuali jika kita dapat untung ketika kita menjualnya setelah dipakai, maka itu menjadi pinjaman produktif. Tapi dalam kasus itu, memaksakan diri kita untuk membeli benda di luar kemampuan kita bukanlah hal yang paling cerdas untuk dilakukan.

Bagaimana kita membelanjakan uang kita adalah hak kita, tetapi bagi saya pengalaman membuat saya lebih bahagia daripada membeli benda fisik, dan biasanya itu bertahan lebih lama di hati saya. Itu sebabnya saya lebih suka menabung 10% dari pendapatan bulanan kami untuk liburan keluarga atau staycation, daripada membeli lebih banyak barang. Bepergian adalah obat terbaik untuk jiwa saya, dan itu memaksimalkan kebahagiaan saya. Saya senang Daddy Bear juga berfikiran sama. Kami juga tidak keberatan mengeluarkan uang untuk Pendidikan, atau apa pun untuk pengembangan karier kami. Jika kami membelanjakan uang untuk benda, kami lebih memilih menginvestasikannya pada benda yang layak untuk pengunaan uang maksimal:
 - Yang kita gunakan untuk menghasilkan uang: pakaian kerja (tapi kami masih tidak menghabiskan terlalu banyak untuk yang ini, kami menghabiskan cukup dan masih di bawah kemampuan kami).
 - Yang kita gunakan untuk menyehatkan: pakaian olahraga (kami masih menghabiskan di bawah kemampuan kami) dan peralatan olahraga (menabung sedikit lebih banyak untuk membeli yang berkualitas baik).
 - Yang memberi kita kualitas hidup yang lebih baik: Perabotan Rumah Tangga; kasur, dll. (karena kita menghabiskan sepertiga dari hidup kita untuk tidur, kita membutuhkan kualitas tidur yang baik) dan Peralatan Rumah Tangga; oven, kompor, dll. (Mereka terkait dengan apa yang kita masak dan apa yang kita makan, makanan kita!).
 - Yang akan memberi kita keuntungan di masa depan, dan untuk mencegah inflasi menggerogoti uang kita: Investasi pada properti, saham, dan emas (Ini sesuai dengan profil risiko kami).

Semoga kita cukup bijak dalam membelanjakan dan menginvestasikan uang kita. Literasi keuangan tidak diragukan lagi memang penting. Saya akan terus berusaha untuk menghindari konsumsi berlebihan dan mendukung keberlanjutan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. :)




Comments