MBMT: Have More Than You Show, Speak Less Than You Know (Bilingual)

I’ve been using this quote for my Whatsapp status for years, and never changed it. I randomly found it on the internet, it caught my eyes straight away, as I totally agree with it:

“Have more than you show, speak less than you know”

From my perspective, that sentence definitely sums up how life should be. That’s the value I’ve been trying to implement in my life. I just found out that it turns out the quote belongs to the greatest writer in the English language, the most famous poet and playwrite from England, William Shakespeare.

Mommy Bear and Izzy Bear
Have more than you show.
We live in a digital world that allows people to show everything they want or have on their Social Media platforms. It is not a sin, and everybody has their right to do so. I also post whatever I want on my Social Media, for the sake of keeping good memories. We can post anything we want, as long as it’s not considered ‘obscene’ by normal society. Some people are a bit much if it comes to showing off their lives. And for the need of creating a perfect image in front of their friends or followers, some people want to look perfect or richer than they are, they seem to believe in “fake it, till you make it”, which is one of the quotes that I disagree with. I only share some of my happiness though, and I don’t share fake happiness. It does not mean that I’m always happy, I just prefer not to share too much, and not to share anything when I’m unhappy. I don’t edit my photos to make myself look slim; I just can’t lie to myself, I prefer to enjoy every moment of my life, embrace the stage, and workout routinely. I don’t want to look richer than I am; we do enjoy our life as it is. We don’t have so much, but (Thank God, alhamdulillah) it’s enough. We enjoy every moment that Daddy Bear and I grow and develop together, I prefer to have more than what I show, and I prefer to show my life as it is.

Speaking of showing, some people think it’s necessary to post all the expensive objects they have on their social media, or rather, what they want other people to think that they have. They want to make people think that they are loaded, and that’s totally okay for those who actually are, the ones who earn and have so much more than what they put on show, it’s definitely their lifestyle or it’s part of their lives. It does not mean they are trying to show off their wealth. Sadly, many people are trying too hard to look like they are super rich, whereas in reality, they are not that rich. These are the kind of people who dig their financial hole deeper and deeper, but don’t bring a ladder. They try so hard to live beyond their means that they harm themselves. The kind of people who travel everywhere for their holidays, or buy shiny, new, expensive things and post it to their Social Media, but don’t even remember to save up, or even to pay their debt, which is even at times to their friends. 👎🏽 It is, of course, their choice, and isn’t always illegal, just as long as they don’t drag other people into their financial problems. 

Personally, I posted my pictures when I flew long-haul trips with Business Class for the first time. It does not mean I’m loaded anyway. It was a rare moment for me. I never claimed that I have so much money, so I fly Business Class. I didn’t pay for my Business Class tickets at the time from my own personal expenses, as it was a business trip with my friend. I would think twice if it was from my personal expenses. Daddy and I don’t mind paying something like that once in a while, but we definitely prefer to save up more, invest our money on our property or other investments. We still can’t afford Business Class every time we fly, we technically can, but only if we force it. But what’s the point of forcing ourselves, just to ‘suffer’ at the end, right? Unless we already earn so much, like Bobby Axelrod from the TV series, ‘Billions’. I would definitely have my own jet if I was that rich. LOL. 

Some people might think that people who post their pictures when they fly Business Class are showing off, or some might think that we are even dorky. There will always be people who think negative about it. Let them. I felt like posting it at the time, so I did. I wanted to keep that on my Social Media as good memories. It was just a once in a while experience for me. Although when I was a kid, my Dad often bought Executive Class tickets for us every time we flew from city to city. It felt kind of exclusive too back then, it was kind of similar to Business Class, and we got our special lounge with free food and beverage as well, and we also got a different transfer car from airport to airplane. We also sat on the front row. We just did not post anything online, but that is because Social Media was not a thing yet back then. Thank God, as I also don’t have any loans to anybody, so I’m not scared to post anything like that. Nobody will say something like “How come she is on holiday and flying Business Class, but still has loans with me?”. Believe me, I heard stories like that, and that must be embarrassing. How do you enjoy a holiday like that? How can you enjoy a new item of clothing, knowing it cost you more than money?

My point is it’s okay if we show our life as it is, if we are showing what we really are, OR it’s okay to post something fancy once in a while, because we have our right to enjoy life, and keep it as memories on our social media platform, as long as we don’t try to create an image to look like we’re super rich, when we are not that rich. Some people bought high-end brand items using their credit cards or loans so they can wear them, showing them off. They want to appeal that they have been living a fancy life. In fact, behind all the luxurious life that they have been showing off, they don’t even have savings and investments for their future. They definitely show more than what they actually have. 👎🏽

In a different case, some people say that people who are really loaded don’t even bother to post their fancy life? Maybe yes, maybe no, because sometimes they do. It depends on what kind of rich person they are. I don’t think Warren Buffett posts anything when he flies with his private jet, because he is not active on any social media platform, he probably has no social media accounts. Some of them don’t bother to update their social media, but some super rich people are also very active on their social media, and they enjoy it. It does not mean they are not humble, they also live their life as it is. Most people who are active on social media would share anything they would like to share, especially when they are on holiday. On the flip side, there are other types of people who don’t post their fancy life, even if they have fancy holidays, but in this case, it’s not because that they are super rich and truly humble: 
  • The ones who want to seem humble: they would like to think that they are down-to-earth and have the same mentality as the richest who don’t post stuff like that. It’s another form of showing off. They make a point that they don’t post it.
  • The ones who have a ‘secret holiday’, either with their mistress or Sugar Daddy / Cougar. They will not post it, because they don’t want to get caught. Normally, it’s only the ‘spongers’ that post their free luxury holiday pictures - you can tell on their social media, they have been traveling with fancy accommodation which they can’t afford. In every occassion, there are no other people in their pictures but themselves. Sometimes they take their friends as a ‘safety net’.
  • The ones who have loans, and they don’t want the people that they owe to see that they are on holiday without paying their debts.
  • The ones who are not super rich, but also not active on social media. They just don’t bother to post anything, even if they have fancy holidays.
On that note, and in my opinion, there are two different types of super rich people: the ones that look simple, humble and more low-key; and the ones that look super fancy and fabulous, as rich as they are. I guess it depends on what kind of society they have been hanging out with. I definitely salute the first type more, because they seem to be wiser in spending their money, and understand their wealth. It’s also not a bad thing to be the second type, as I love fashion too. They tend to spend their money on expensive brands because they love fashion, so if they look uber fancy and super rich, it’s because they are TRULY super rich. What they put on show is exactly what we expect them to have in reality. I guess the first type is more like Bill Gates & Mark Zuckerberg type of super rich, and the second type is more like the Kardashians-Jenners family. Oh well, it doesn’t matter whoever our idol is, as long as we don’t force ourselves to follow their lifestyle. Why can’t people just enjoy their own journey? Buy things according to our own finance, don’t force it for the sake of looking richer than the reality is. Just live life within means. So we don’t give other people a place to talk behind our back.

Speak Less Than You Know
When we are in a small gathering or meeting with bunch of people, we usually meet quite a lot of characters. Some people always prefer to be listeners: they don’t usully talk too much, are more quiet and introvert. Some people, however, love talking, especially about themselves. However, not so many people know when it’s their turn to be the listener. Some people won’t even bother to give other people the opportunity to have the conversation, they just love talking and talking about themselves, they don’t even seem to put any interest in other people’s stories. Even when they ask other people something, they don’t seem to listen to their answers, they only ask a question for the sake of opening their own stories, or they will take back the conversation to their own stories, even before the other person finishes with their answer! Geez, I don’t want to be friends with people like that. LOL. I mean I get it, I love talking too! But hey! Remember, you’re not the only one there. There are also other people. Be genuine when you ask about other people’s news, take some time to listen carefully to their answers. They are not there to watch a television or listen to a radio. 

Speaking of radio, I was a radio broadcaster for 6 years, 2005-2011, and I was not just a broadcaster for a special solo program, I was also put in tandem shows. Not every radio broadcaster is suitable for solo program, not every broadcaster is suitable for tandem show either. I was lucky that my Station Manager noticed my ability, and trusted me to bring both types of programs. Being a broadcaster for the tandem show, it taught us to be selfless, we cannot just keep talking without giving our partner a chance to talk, it’s about knowing your portion. We need to understand when it’s our turn to talk, and when it’s our turn to be a listener.

I always adore someone who talks within their capacity, their expertise, within the extent of their knowledge. They don’t usually need to talk too much to impress other people, we can just tell that they are a brain-box, and they know what they are talking about. As in, everybody has their own area of expertise, we don’t have to try so hard to be Mr/Mrs. Know-It-All. No need to try so hard to impress people, especially if you’re not really an expert in a particular subject. You might as well be a good listener when someone starts a conversation about that, rather than trying to overplay your understanding, and risk being called out on it. Don’t act like you are fully undestand something that you actually don’t. That’s definitely an ugly trait. Some people can sense people who talk BS. It’s just so funny when someone acts like they know everything, and talk too much and loud about things that they actually know only a little. C’mon, just zip it! It’s best if we speak less, but when people ask about our opinion, we can answer, as it turns out we also understand the topic. Just try to be humble, even if you know so much about it. Speak less than you know. People will appreciate that more, and will definitely give you credit for that. And, if you don’t know so much about it, be honest to yourself and others that YOU DON’T KNOW SO MUCH. It is a much more appropriate thing to do. It really is okay to say “I don’t know”.

I guess the quote also relates when someone tells us their secrets, and someone else tries to dig it from us, or when we heard something that can hurt someone’s feelings - maybe it’s best if we zip it! Thank you for reading my writing! x

——————————

Saya telah menggunakan kutipan ini untuk status Whatsapp saya selama bertahun-tahun, dan tidak pernah mengubahnya. Saya secara acak menemukannya di internet, itu langsung menarik perhatian saya, karena saya sangat setuju dengannya:

“Memiliki lebih dari yang kamu tunjukkan, berbicara lebih sedikit dari yang kamu tahu”

Dari sudut pandang saya, kalimat itu pasti meringkas bagaimana kehidupan seharusnya. Itulah nilai yang saya coba terapkan dalam hidup saya. Saya baru tahu ternyata kutipan itu milik penulis terhebat dalam bahasa Inggris, penyair dan penulis naskah paling terkenal dari Inggris, William Shakespeare.

Memiliki lebih dari yang kamu tunjukkan.
Kita hidup di dunia digital yang memungkinkan orang untuk menunjukkan semua yang mereka inginkan atau miliki di platform Media Sosial mereka. Itu bukan dosa, dan setiap orang berhak melakukannya. Saya juga memposting apa pun yang saya inginkan di Media Sosial saya, demi menyimpan kenangan indah. Kita boleh memposting apapun yang kita mau, asalkan tidak dianggap 'cabul' atau berlebihan oleh masyarakat normal. Beberapa orang sedikit berlebihan jika harus memamerkan kehidupan mereka. Dan untuk kebutuhan menciptakan citra yang sempurna di depan teman atau pengikutnya, beberapa orang ingin terlihat sempurna atau lebih kaya dari diri mereka, mereka tampaknya percaya pada "palsukan, sampai kamu berhasil", yang merupakan salah satu kutipan yang saya tidak setuju. Saya hanya membagikan sebagian dari kebahagiaan saya, dan saya tidak membagikan kebahagiaan palsu. Bukan berarti saya selalu bahagia, saya hanya memilih untuk tidak berbagi terlalu banyak, dan tidak berbagi apa pun ketika saya tidak bahagia. Saya tidak mengedit foto saya untuk membuat diri saya terlihat langsing; Saya tidak bisa membohongi diri sendiri, saya lebih suka menikmati setiap momen dalam hidup saya, menerima setiap tahapan tersebut, dan berolahraga secara rutin. Saya tidak ingin terlihat lebih kaya dari diri saya; kami menikmati hidup kami apa adanya. Kami tidak punya banyak, tapi (Alhamdulillah) cukup. Kami menikmati setiap saat Daddy Bear dan saya tumbuh dan berkembang bersama, saya lebih suka memiliki lebih dari apa yang saya tunjukkan, dan saya lebih suka menunjukkan hidup saya apa adanya.

Berbicara tentang menunjukkan, beberapa orang berpikir perlu untuk memposting semua benda mahal yang mereka miliki di media sosial mereka, atau lebih tepatnya, apa yang mereka ingin orang lain pikirkan tentang mereka. Mereka ingin membuat orang berpikir bahwa mereka kaya raya, dan itu tidak apa-apa bagi mereka yang sebenarnya, orang-orang yang berpenghasilan dan memiliki lebih dari apa yang mereka tampilkan, itu pasti merupakan gaya hidup mereka atau itu bagian dari hidup mereka. Bukan berarti mereka berusaha memamerkan kekayaannya. Sayangnya, banyak orang berusaha terlalu keras untuk terlihat super kaya, padahal kenyataannya mereka tidak sekaya itu. Ini adalah tipe orang yang menggali lubang keuangan mereka lebih dalam dan lebih dalam, tetapi tidak membawa tangga. Mereka berusaha keras untuk hidup di luar kemampuan mereka sehingga mereka ‘membahayakan’ diri mereka sendiri. Jenis orang yang bepergian ke mana-mana untuk liburan, atau membeli barang-barang yang mengkilap, baru, mahal dan mempostingnya ke Media Sosial mereka, tetapi bahkan tidak ingat untuk menabung, atau bahkan untuk membayar hutang mereka, yang bahkan kadang-kadang ke teman mereka sendiri. Ini, tentu saja, pilihan mereka, dan tidak selalu ilegal, selama mereka tidak menyeret orang lain ke dalam masalah keuangan mereka.

Secara pribadi, saya memposting foto saya saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan Kelas Bisnis untuk pertama kalinya. Itu tidak berarti saya kaya raya. Itu adalah momen yang langka bagi saya. Saya tidak pernah mengklaim bahwa saya punya banyak uang, jadi saya terbang Kelas Bisnis. Saya tidak membayar tiket Kelas Bisnis saya pada saat itu dari pengeluaran pribadi saya, karena ini adalah perjalanan bisnis dengan teman saya. Saya akan berpikir dua kali jika itu dari pengeluaran pribadi saya. Daddy dan saya tidak keberatan membayar sesuatu seperti itu sesekali, tetapi kami pasti lebih suka menabung lebih banyak, menginvestasikan uang kami di properti kami atau investasi lainnya. Kami masih tidak mampu membeli Kelas Bisnis setiap kali kami terbang, secara teknis kami bisa, tetapi hanya jika kami memaksanya. Tapi apa gunanya memaksakan diri, hanya untuk 'menderita' pada akhirnya, bukan? Kecuali jika kita sudah memiliki sangat banyak, seperti Bobby Axelrod dari serial TV, 'Billions'. Saya pasti akan memiliki jet pribadi jika saya sekaya itu. Hahaha.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa orang yang memposting foto mereka saat terbang di Kelas Bisnis adalah orang yang pamer, atau beberapa mungkin berpikir bahwa kami bahkan norak. Akan selalu ada orang yang berpikiran negatif tentangnya. Biarkanlah mereka. Saya merasa ingin mempostingnya pada saat itu, jadi saya melakukannya. Saya ingin menyimpannya di Media Sosial saya sebagai kenangan indah. Itu hanya sekali-sekali pengalaman bagi saya.  Meskipun ketika saya masih kecil, Ayah saya sering membelikan tiket Kelas Eksekutif untuk kami setiap kali kami terbang dari kota ke kota. Rasanya agak eksklusif juga saat itu, agak mirip dengan Kelas Bisnis, dan kami mendapat lounge khusus kami dengan makanan dan minuman gratis juga, dan kami juga mendapat mobil transfer yang berbeda dari bandara ke pesawat. Kami juga duduk di barisan depan.  Kami hanya tidak memposting apa pun secara online, tetapi itu karena Media Sosial belum ada saat itu. Terima kasih Tuhan, karena saya juga tidak memiliki pinjaman kepada siapa pun, jadi saya tidak takut untuk memposting hal seperti itu. Tidak ada yang akan mengatakan sesuatu seperti "Kenapa dia berlibur dan terbang Kelas Bisnis, tetapi masih memiliki pinjaman dengan saya?". Percayalah, saya mendengar cerita seperti itu, dan itu pasti memalukan. Bagaimana kamu menikmati liburan seperti itu? Bagaimana kamu bisa menikmati pakaian baru, mengetahui bahwa harganya ‘lebih mahal’ daripada uang?

Maksud saya adalah tidak apa-apa jika kita menunjukkan hidup kita apa adanya, jika kita menunjukkan siapa diri kita sebenarnya, ATAU tidak apa-apa untuk memposting sesuatu yang mewah sesekali, karena kita memiliki hak untuk menikmati hidup, dan menyimpannya sebagai kenangan.  platform media sosial kita, selama kita tidak mencoba membuat citra seolah-olah kita super kaya, padahal kita tidak sekaya itu. Beberapa orang membeli barang-barang bermerek kelas atas menggunakan kartu kredit atau pinjaman mereka sehingga mereka dapat memakainya, memamerkannya. Mereka ingin mengajukan banding bahwa mereka telah menjalani kehidupan yang mewah. Padahal, di balik semua kemewahan hidup yang mereka pamerkan, mereka bahkan tidak memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan mereka. Mereka pasti menunjukkan lebih dari apa yang sebenarnya mereka miliki. 👎🏽

Dalam kasus yang berbeda, beberapa orang mengatakan bahwa orang yang benar-benar kaya bahkan tidak repot-repot memposting kehidupan mewah mereka? Mungkin ya, mungkin tidak, karena terkadang mereka melakukannya.  Tergantung orang kaya macam apa mereka. Saya tidak berpikir Warren Buffett memposting apa pun ketika dia terbang dengan jet pribadinya, karena dia tidak aktif di platform media sosial apa pun, dia mungkin tidak memiliki akun media sosial. Beberapa dari mereka tidak repot mengupdate media sosial mereka, tetapi beberapa orang super kaya juga sangat aktif di media sosial mereka, dan mereka menikmatinya. Bukan berarti mereka tidak rendah hati, mereka juga menjalani hidup apa adanya. Kebanyakan orang yang aktif di media sosial akan membagikan apa saja yang ingin mereka bagikan, terutama saat mereka sedang berlibur. Di sisi lain, ada tipe orang lain yang tidak memposting kehidupan mewah mereka, bahkan jika mereka memiliki liburan mewah, tetapi dalam kasus ini, itu bukan karena mereka super kaya dan benar-benar rendah hati:
  • Mereka yang ingin terlihat rendah hati: mereka ingin berpikir bahwa mereka rendah hati dan memiliki mentalitas yang sama dengan orang terkaya yang tidak memposting hal-hal seperti itu.  Ini adalah bentuk lain dari pamer.  Mereka menegaskan bahwa mereka tidak mempostingnya.
  • Mereka yang memiliki ‘liburan rahasia’, baik dengan kekasihnya atau Sugar Daddy / Cougar.  Mereka tidak akan mempostingnya, karena mereka tidak ingin ketahuan.  Biasanya, hanya 'sponger' yang memposting foto liburan mewah mereka secara gratis - Anda dapat memberi tahu di media sosial mereka, mereka telah bepergian dengan akomodasi mewah yang tidak mampu mereka beli.  Dalam setiap kesempatan, tidak ada orang lain di foto mereka kecuali diri mereka sendiri.  Terkadang mereka menganggap teman mereka sebagai 'jaring pengaman'.
  • Orang-orang yang memiliki pinjaman, dan mereka tidak ingin orang-orang yang mereka berutang melihat bahwa mereka sedang berlibur tanpa membayar hutang mereka.
  • Mereka yang tidak super kaya, tetapi juga tidak aktif di media sosial.  Mereka tidak repot-repot memposting apa pun, bahkan jika mereka memiliki liburan mewah.

Pada catatan itu, dan menurut pendapat saya, ada dua tipe orang super kaya yang berbeda: yang terlihat sederhana, dan lebih rendah hati; dan yang terlihat sangat mewah dan menakjubkan, sekaya diri mereka. Saya kira itu tergantung pada masyarakat seperti apa mereka bergaul. Saya tentunya lebih salut pada tipe pertama, karena mereka terlihat lebih bijak dalam menggunakan uangnya, dan lebih memahami kekayaannya. Ini juga bukan hal yang buruk untuk menjadi tipe kedua, karena saya juga menyukai fashion. Mereka cenderung menggunakan uang mereka untuk merek mahal karena mereka menyukai fashion, jadi jika mereka terlihat sangat mewah dan super kaya, itu karena mereka SANGAT super kaya. Apa yang mereka tunjukkan adalah persis seperti yang kita harapkan dari mereka dalam kenyataan. Saya kira tipe super kaya pertama lebih seperti Bill Gates & Mark Zuckerberg, dan tipe kedua lebih seperti keluarga Kardashians-Jenners. Yah, tidak masalah siapa pun idola kita, selama kita tidak memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup mereka. Mengapa orang tidak bisa menikmati perjalanan mereka masing-masing? Belilah barang sesuai dengan keuangan kita sendiri, jangan dipaksakan demi terlihat lebih kaya dari kenyataan. Jalani saja hidup dengan apa adanya. Jadi kita tidak memberi orang lain tempat untuk berbicara di belakang kita.

Berbicara Lebih Sedikit Dari Yang Kamu Ketahui
Saat kita sedang berkumpul atau bertemu dengan banyak orang, biasanya kita akan bertemu dengan cukup banyak karakter. Beberapa orang selalu lebih suka menjadi pendengar: mereka tidak terlalu banyak bicara, lebih pendiam dan tertutup. Beberapa orang, bagaimanapun, suka berbicara, terutama tentang diri mereka sendiri. Namun, tidak banyak orang yang tahu kapan giliran mereka menjadi pendengar. Beberapa orang bahkan tidak mau repot-repot memberi orang lain kesempatan untuk berbicara, mereka hanya suka berbicara dan berbicara tentang diri mereka sendiri, mereka bahkan tampaknya tidak tertarik dengan cerita orang lain. Bahkan ketika mereka menanyakan sesuatu kepada orang lain, mereka tampaknya tidak mendengarkan jawaban mereka, mereka hanya mengajukan pertanyaan demi membuka cerita mereka sendiri, atau mereka akan membawa kembali percakapan ke cerita mereka sendiri, bahkan sebelum orang lain selesai dengan jawaban mereka! Astaga, saya tidak mau berteman dengan orang seperti itu. Hahaha. Maksud saya, saya mengerti, saya juga suka berbicara! Tapi hei! Ingat, kamu bukan satu-satunya orang di sana. Ada juga orang lain. Bersikaplah tulus ketika kamu bertanya tentang kabar orang lain, luangkan waktu untuk mendengarkan jawaban mereka dengan cermat. Mereka tidak ada di sana untuk menonton televisi atau mendengarkan radio (satu arah).

Berbicara tentang radio, saya adalah seorang penyiar radio selama 6 tahun, 2005-2011, dan saya tidak hanya menjadi penyiar untuk program solo khusus, saya juga melakukan siaran tandem. Tidak semua penyiar radio cocok untuk acara solo, tidak semua penyiar juga cocok untuk acara tandem. Saya beruntung Manajer Stasiun radio saya melihat kemampuan saya, dan mempercayakan saya untuk membawa kedua jenis program tersebut. Menjadi penyiar untuk pertunjukan tandem, itu mengajari kita untuk tidak mementingkan diri sendiri, kita tidak bisa terus berbicara tanpa memberi pasangan kita kesempatan untuk berbicara, ini tentang mengetahui porsi kita. Kita perlu memahami kapan giliran kita untuk berbicara, dan kapan giliran kita untuk menjadi pendengar.

Saya selalu mengagumi seseorang yang berbicara dalam kapasitas mereka, keahlian mereka, sejauh pengetahuan mereka. Mereka biasanya tidak perlu berbicara terlalu banyak untuk membuat orang lain terkesan, kita hanya dapat mengatakan bahwa mereka sangat cerdas, dan mereka tahu apa yang mereka bicarakan. Karena setiap orang memiliki bidang keahliannya masing-masing, kita tidak perlu berusaha keras untuk menjadi si Bapak/Ibu. Yang-Serba-Tahu. Tidak perlu berusaha keras untuk membuat orang terkesan, terutama jika kamu bukan ahli dalam bidang tertentu. Kamu bisa juga menjadi pendengar yang baik ketika seseorang memulai percakapan tentang itu, daripada mencoba untuk melebih-lebihkan pemahamanmu, dan berisiko ketahuan karenanya. Jangan bertindak seolah-olah kamu sepenuhnya memahami sesuatu yang sebenarnya tidak kamu pahami. Itu pasti sifat yang jelek. Beberapa orang dapat merasakan orang yang berbicara omong kosong. Sangat lucu ketika seseorang bertindak seolah-olah mereka tahu segalanya, dan berbicara terlalu banyak dan lantang tentang hal-hal yang sebenarnya hanya mereka ketahui sedikit. Ayo, tutup mulut saja! Sebaiknya kita sedikit berbicara, tetapi ketika orang bertanya tentang pendapat kita, kita bisa menjawab, ternyata kita juga mengerti topiknya. Cobalah untuk rendah hati, bahkan jika kamu tahu banyak tentang suatu hal. Bicaralah lebih sedikit dari yang kamu tahu. Orang akan lebih menghargai itu, dan pasti akan memberi kamu penilaian baik untuk itu. Dan, jika kamu tidak tahu banyak tentang itu, jujurlah kepada diri sendiri dan orang lain bahwa KAMU TIDAK TAHU BANYAK. Ini adalah hal yang jauh lebih tepat untuk dilakukan. Tidak apa-apa untuk mengatakan "Saya tidak tahu".

Saya kira kutipannya juga berhubungan ketika seseorang memberi tahu kita rahasianya, dan orang lain mencoba menggalinya dari kita, atau ketika kita mendengar sesuatu yang dapat menyakiti perasaan seseorang - mungkin lebih baik jika kita menutup mulut! Terima kasih telah membaca tulisan saya! x

Comments