During Pandemic: Staying ‘Normal’ (Bilingual)

Hello there! What’s new?
Hope all is well or at least not too bad.

Izzy The Wander Bear: Swimming
Last Monday, I asked my Husband to propose Work From Home (WFH) to his office again, since he had been back working from his office every other week. Then we received information that one of his colleagues got COVID19, although he hadn’t met him for a while, ever since pandemic occured. However, considering that we have a toddler, I prefer if he stays working from home. Daddy Bear is the only ‘healthy’ one without a condition in his department, and when he filled out his office’s online health questionnaire, the result stated that he is allowed to work from office. Oh geez! I wasn’t happy about it. Neither was he!

Anyway, his boss granted his proposal to work from home last Tuesday. So he’s back WFH, and that was before the DKI Jakarta’s goverment annouced that they will implement PSBB* again, starting on Monday, Sept 14, 2020. What a coincidence! Next Monday, we will start our self-quarantine again (I postponed my Muay Thai sessions with my PT, and I have also stopped my yoga & dance private sessions with my good friends at my apartment gym for the time being). We’ve been planning to travel back to the UK this coming October (the tickets were the ones we’ve postponed from our summer 2020 trip due to pandemic), and we will need to take the PCR (Polymerase Chain Reaction) or swab test according to Etihad’s website. *fingers crossed* Although the UK doesn’t require PCR test if we wish to enter the country, I don’t mind paying more for our own safety. I like that Etihad is the first airline that requires PCR test, I guess it’s safer than the other flights that don’t have the requirements, plus they also provide the insurance, in case *knock on the wood* (hope we don’t get it), but if we get the virus during the flights with them, they will give us some allowance. I feel safer to share flights with the other passengers who have passed the test. At least Izzy doesn’t have to take the test since she is still 23 months old, it’s only for adults and kids >6 years old.

*PSBB: Indonesian Large-scale social restriction.


How is our ‘new normal’ going?
When Jakarta embraced the ’New Normal’ in June 2020, I started hiring my Muay Thai PT again. I went out with Daddy & Izzy Bear for the first time, we had a staycation at Four Seasons Hotel to celebrate Father’s Day (we always follow the COVID19 protocol wherever we go, and we ensured the hotel’s cleaning procedures). A day before, I went out to meet my close-friends for the first time after pandemic, we had like a private belated birthday: a small celebration in a hotel room for 3 of our friends from the same group (their birthdays were actually in April, May and in early June). We also tried our best to follow the COVID19 protocol. Nevertheless, I still stay at home almost all the time.

Some people would think that we are so selfish, and I get it. I don’t blame them. But if we think deeper about it, there are also other people’s happiness that counts there. For instance, when I hire my Personal Trainer (PT) again, he and his family could continue to live; you know that the pandemic fuels so many people’s economic struggles, and some people don’t even have any income. PT was one of the jobs that would feel the impact the most, they don’t have any income during the ‘lock-down’, no one wanted to hire them, yet they still need to continue their lives, not just for themselves, but also for their family. I could say I was not desperate to hire my PT, since I still have enough equipment in my place, and I could work out by myself, as I regularly do. But then again, that’s one of the few ways that we can help other people, yet also gain the health benefit out of it. If you say, why don’t we just donate? That’s something that I don’t want to discuss in here, but don’t forget that not everyone wants ‘to beg’ for money, or to make other people feeling sorry about themselves, they prefer to earn it, because they believe in their abilities. They have their pride too. 

Am I scared of COVID19?
Of course I am. I was born into a medical family, and my sister is even still working at the hospital that deals with COVID19 patients, and has to do swab test almost every month, since many of her colleagues also got exposed to the virus. As we also read or watch the news every where that more than 100 doctors in Indonesia died because of the virus. It is scary!

Sowhy do I look like I’m not scared?
Because I still want to live my life the best I can. I try to selectively do something that makes my soul happy, yet try my best not to harm or endanger other people. Our mentality is also important: if we get stressed, it will affect our body immune system. Not everyone has the same way of dealing with stress. For introvert people, staying at home for months is probably not as hard as the extrovert ones; for people who have many facilities at their home, they might not feel as badly affected as the ones who don’t, and for those who have good emotional control, they might not feel as bad as those who don’t. So I prefer not to judge other people whom I don’t really know the real situation of, or the conditions that they have been dealing with.

As a sociable person, and for someone who loves being active, this pandemic is not easy for me. I love traveling, as that’s usually my biggest stress reliever, and I’ve been trying my best to keep my sanity without being able to travel. I’ve been exercising from home or from my apartment’s gym everyday, the gym is often empty or not too busy, since our apartment doesn’t have too many occupants or units. The maintenance team here is also diligent, they wear masks and clean often. We swim occasionally, and we take Izzy for walks to the garden downstairs, in the morning to catch some sunshine, or in the afternoon to see birdies, etc. A few weeks ago, I finally said yes for hiking when my friend asked me to join them on a short trip to Bogor. I thought I needed some ‘fresh air’. Daddy Bear said it was alright to go, so why not? As an adult, I fully understand all the consequences, and I tried my best not to endanger myself, my family, my friends and other people by wearing a mask, washing my hands, taking a shower right away when I arrived at home, etc. I don’t go out often though. I’ve been very selective, and only go out when it’s necessary. When I came back home, I then ‘self-quarantined’ again.

Many people out there are judging other people who don’t have the same perspective, value or way of dealing with this COVID19 outbreak. For me, I prefer not to stress myself out with other people’s business, because at the end of the day, we need to take care of our own and our family’s physical and mental health.

Hope we all stay happy, safe and healthy! x

——————————

Halo yang disana! Ada kabar baru?
Semoga semuanya baik-baik saja atau setidaknya tidak terlalu buruk.

Senin kemarin, saya meminta suami saya untuk mengajukan WFH ke kantornya lagi, karena dia kembali bekerja dari kantornya setiap seminggu. Lalu kami mendapat informasi bahwa salah satu koleganya terkena COVID19, meskipun sudah lama tidak bertemu, sejak pandemi terjadi. Namun, mengingat kami memiliki balita, saya lebih suka jika dia tetap bekerja dari rumah. Daddy Bear adalah satu-satunya yang 'sehat' tanpa suatu kondisi di departemennya, dan ketika dia mengisi kuesioner kesehatan online di kantornya, hasilnya menyatakan bahwa dia diizinkan untuk bekerja dari kantor. Ya ampun! Saya tidak senang dengan itu. Dia juga tidak!

Ngomong-ngomong, bosnya mengabulkan pengajuannya untuk bekerja dari rumah Selasa lalu. Jadi dia kembali WFH, dan itu sebelum Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan kembali menerapkan PSBB, mulai Senin, 14 September 2020. Sungguh kebetulan! Senin depan, kami akan memulai karantina mandiri kami lagi (Saya menunda sesi Muay Thai saya dengan PT saya, dan saya juga sudah menghentikan sesi yoga & menari saya dengan teman-teman baik saya di gym apartemen saya untuk sementara waktu). Kami berencana untuk melakukan perjalanan kembali ke Inggris pada bulan Oktober mendatang (tiketnya adalah tiket yang telah kami tunda dari perjalanan musim panas 2020 karena pandemi), dan kami perlu melakukan tes PCR* atau swab menurut situs web Etihad. *semoga berhasil* Meskipun Inggris tidak memerlukan tes PCR jika kita ingin memasuki negara itu, saya tidak keberatan membayar lebih untuk keselamatan kami. Saya suka Etihad adalah maskapai pertama yang membutuhkan tes PCR, saya kira lebih aman daripada penerbangan lain yang tidak memiliki persyaratan, ditambah mereka juga menyediakan asuransi, jika *ketuk kayu* (berharap kami tidak terpapar), tetapi jika kami tertular virus selama penerbangan bersama mereka, mereka akan memberi kita sedikit uang. Saya merasa lebih aman untuk berbagi penerbangan dengan penumpang lain yang telah lulus tes. Setidaknya Izzy sudah tidak perlu mengikuti tes karena usianya masih 23 bulan, tes ini hanya untuk orang dewasa dan anak-anak >6 tahun.

*PCRPolymerase Chain Reaction.

Bagaimana keadaan 'New Normal' kami?
Ketika Jakarta menerapkan 'New Normal' pada Juni 2020, saya mulai mempekerjakan lagi PT Muay Thai saya. Saya pergi keluar dengan Daddy & Izzy Bear untuk pertama kalinya, kami menginap di Four Seasons Hotel untuk merayakan Hari Ayah (kami selalu mengikuti protokol COVID19 kemanapun kami pergi, dan kami memastikan prosedur pembersihan hotel). Sehari sebelumnya, saya pergi keluar untuk bertemu teman-teman dekat saya untuk pertama kalinya setelah pandemi, kami merayakan ulang tahun yang terlambat secara privat: perayaan kecil di kamar hotel untuk 3 teman kami dari kelompok yang sama (ulang tahun mereka sebenarnya sudah lewat di April, Mei dan awal Juni). Kami juga berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti protokol COVID19. Namun demikian, saya tetap tinggal di rumah hampir setiap waktu.

Beberapa orang akan berpikir bahwa kami sangat egois, dan saya mengerti. Saya tidak menyalahkan mereka. Tetapi jika kita memikirkannya lebih dalam, ada juga kebahagiaan orang lain yang diperhitungkan di sana. Misalnya, ketika saya mempekerjakan kembali Personal Trainer (PT) saya, dia dan keluarganya dapat terus hidup; kamu tahu bahwa pandemi memicu perjuangan ekonomi banyak orang, dan beberapa orang bahkan tidak punya penghasilan. PT adalah salah satu pekerjaan yang paling merasakan dampaknya, mereka tidak memiliki penghasilan selama 'lock-down', tidak ada yang mau mempekerjakan mereka, namun mereka tetap harus melanjutkan hidup, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk keluarga mereka. Saya dapat mengatakan saya tidak harus mempekerjakan PT saya waktu itu, karena saya masih memiliki peralatan yang cukup di tempat saya, dan saya dapat berolahraga sendiri, seperti yang biasa saya lakukan. Namun sekali lagi, itu adalah salah satu dari sedikit cara kita dapat membantu orang lain, namun juga mendapatkan manfaat kesehatan darinya. Jika kamu berfikir, mengapa kita tidak berdonasi saja? Itu adalah sesuatu yang tidak ingin saya bahas di sini, tapi jangan lupa bahwa tidak semua orang ingin 'mengemis' uang, atau membuat orang lain menyesali diri mereka sendiri, mereka lebih suka mendapatkannya, karena mereka percaya pada kemampuan.  Mereka juga punya harga diri.

Apakah saya takut dengan COVID19?
Tentu saja. Saya lahir dari keluarga medis, bahkan adik saya masih bekerja di rumah sakit yang menangani pasien COVID19, dan harus melakukan tes swab hampir setiap bulan, karena banyak rekannya juga terkena virus. Seperti kita juga membaca atau menonton berita dimana lebih dari 100 dokter di Indonesia meninggal karena virus tersebut. Ini menakutkan!

Jadi, mengapa saya terlihat seperti saya tidak takut?
Karena saya masih ingin menjalani hidup saya sebaik mungkin. Saya mencoba untuk secara selektif melakukan sesuatu yang membuat jiwa saya bahagia, namun berusaha sebaik mungkin untuk tidak menyakiti atau membahayakan orang lain. Mentalitas kita juga penting: jika kita stres, itu akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Tidak semua orang memiliki cara yang sama dalam menghadapi stres. Bagi orang introvert, tinggal di rumah selama berbulan-bulan mungkin tidak sesulit orang ekstrovert; bagi orang-orang yang memiliki banyak fasilitas di rumah mereka, mereka mungkin tidak merasa terpengaruh separah mereka yang tidak, dan bagi mereka yang memiliki kontrol emosional yang baik, mereka mungkin tidak merasa seburuk mereka yang tidak. Jadi saya memilih untuk tidak menilai orang lain yang saya tidak benar-benar tahu situasi sebenarnya, atau kondisi yang mereka hadapi.

Sebagai orang yang suka bersosialisasi, dan untuk seseorang yang senang aktif, pandemi ini tidak mudah bagi saya. Saya suka bepergian, karena itu biasanya adalah pereda stres terbesar saya, dan saya telah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kewarasan saya tanpa bepergian. Saya berolahraga dari rumah atau dari gym apartemen saya setiap hari, gym sering kali kosong atau tidak terlalu sibuk, karena apartemen kami tidak memiliki terlalu banyak penghuni atau unit. Tim pemeliharaan di sini juga rajin, selalu memakai masker dan sering membersihkan. Kami berenang sesekali, dan kami mengajak Izzy untuk berjalan-jalan ke taman di lantai bawah, di pagi hari mengejar matahari, atau di sore hari melihat burung-burung, dll. Beberapa minggu lalu, akhirnya saya mengiyakan untuk hiking ketika teman saya meminta saya untuk bergabung dengan mereka dalam perjalanan singkat ke Bogor. Saya pikir saya membutuhkan 'udara segar'. Daddy Bear berkata tidak apa-apa untuk pergi, jadi mengapa tidak? Sebagai orang dewasa, saya sangat memahami semua konsekuensinya, dan saya berusaha sebaik mungkin untuk tidak membahayakan diri saya sendiri, keluarga saya, teman-teman saya, dan orang lain dengan memakai masker, mencuci tangan, langsung mandi ketika saya tiba di rumah,  dll. Saya tidak sering keluar. Saya sangat selektif, dan hanya keluar jika diperlukan. Ketika saya kembali ke rumah, saya kemudian 'mengkarantina diri' lagi.

Banyak orang di luar sana menilai orang lain yang tidak memiliki perspektif, nilai, atau cara yang sama dalam menangani wabah COVID19 ini. Bagi saya, saya memilih untuk tidak stres dengan urusan orang lain, karena pada akhirnya, kita perlu menjaga kesehatan fisik dan mental kita masing-masing dan keluarga kita.

Semoga kita semua tetap bahagia, aman dan sehat! x




Comments