My Fitness Journey: Get Fit During Nursing (Bilingual)

Hello folks! Let’s talk about one of my favorite things to do: exercise! I will also share some tips that might be helpful for you. :)

Gym Time at work


We just came back from the gym on the top floor of our apartment. ‘We’, as in 3 of us, not just daddy and myself. Izzy has been my shadow; she likes following me doing my exercise routines. Maybe that’s one of the reasons why it’s hard to make her chubbier! It’s good that we don’t have to travel to the gym, we just need to take a lift, and Izzy can come with us any time.


Mommy and Izzy working out together
Candid by daddy bear: Izzy and I were doing our favorite Burpees.

I can’t believe Izzy is already 2 and a quarter years old. It’s really hard to stop her from breasfeeding. Yes, I’m guilty as charged, she still latches! She sometimes asks me for ‘boobie’ during my workout. Although the frequency isn’t as much. I hope she will stop soon. However, I’m sure that breastfeeding and looking after her by myself had some contribution to my weight loss as well as my healthy diet and the exercise. I’ve been back working out regularly since she was 6 months old, as I was told by my obgyn not to work out heavily until 6 months ahead due to the C-section I had. Daddy and I hired PTs (Personal Trainers) for 30 sessions each, which was not cheap, so we could be motivated to move our a*s for the first time in a while! I started with just twice a week with my PT’s supervision. I sometimes skipped it and only went to the gym just once a week. I recall how it was not easy to build the motivation and get back on track. I often felt demotivated, I was not as strong as I used to be. I honestly was a bit down, because I felt unfit, and looked unfit. My body metabolism had changed a lot too. Although so many people gave me compliments about how I did not gain so much weight during my pregnancy and I lost my weight so fast after. But when I looked back at my post-partum pictures, I was like, “oh man! I don’t look fit at all”. Maybe people were just being nice. Ha! I was 52/53kg (bear in mind that my height is just 153cm or 5’0”). So I looked chunkier than ever, not to mention I produced a lot of breastmilk, so that made me even look bigger. 


Mommy’s Body Metamorphosis
Body progress over time in the same top.

Some people are scared to gain weight during their pregnancies, but it did not apply to me. Even after labor, I still ate a lot during nursing. I never really limited my food, in fact I ate more, as I always felt hungry. I still ate what I wanted to eat without worrying about being fat. Maybe I was a little bit over-confident with my genetics that I wouldn’t get fat, maybe because I had never been. Luckily most of the weight I gained was going to Izzy during my pregnancy. Therefore I didn’t look that big when I was pregnant. The only body parts that look noticably bigger were my belly and my boobs (yes, they were scarily bigger), plus my nose looked a bit swollen when I was reaching the 37th and 38th weeks. However, as I ate a lot as a breasfeeding Mom, my appetite went insane, and the problem was I did not work out for the first 6 months after labor. Little did I know, I had gained some weight, and it shocked me. Let me break down my weights fluctuation cycles:

My weight before pregnancy was 48kg (105 pounds).

During my pregnancy, I got so sick, I puked a lot during the last week of my first trimester to the second trimester, I lost so much weight, it was down to 41 to 42kg (92 pounds).

I ended up gaining weight to 60kg (132 pounds) before labor.

My weight went straight to 53kg (116 pounds) after labor.

I lost a couple of kilos again afterwards, then I was stuck at 51kg (112 pounds)

However, after months, I gained some weight again back to 53kg, it started during the time when I was not allowed to work out, and I got a little carried away.

Mommy’s Pregnancy Photos

In early March 2019, I started hitting the gym again in the afternoon or in the evening after office hours, and sometimes on the weekend (Saturday). It depended on Izzy’s situation, whether it was possible for me to leave her or not. Luckily, I still had my aunty who flew from Sulawesi to help me look after Izzy from 2 months old to 10 months old. I had to get back to work after having 3 months of maternity leave, so that helped a lot. My gym schedule was even more intense after that, as I added my workout sessions at my office gym. I started hitting the gym almost every weekday morning, around 6:30 AM, before I started working. I got to my office early most of the time, and still had my PT sessions twice in a week. I was back in the rhythm!

I decided to resign from my office when Izzy was 11 months old, a month after my aunty flew back to Sulawesi. For more than a month before I resigned, I traveled every day with Izzy to my brother’s house before work, so I could drop her off, and had to hire my brother’s daughter’s nanny to look after Izzy as well, then went to work. I fetched her again after office, and went back home. It was tiring! I then had to tweak my workout schedules. After I left my position everything became easier. I also had no more PT sessions at my old gym. We later decided to close our multi-gym memberships with all the PT sessions used up. It was like 2 months before the pandemic affected the world. We prefer to work out regularly from home and from our apartment gym. When daddy is around and not busy, we can take turns looking after Izzy.


Mommy’s Body Metamorphose
I’m happy with what I have accomplished so far, although it’s still far from perfect, and will never be perfect, but I will keep trying to be the best version of myself.

Maybe it’s something about my ENTJ-A personality. I always have the urge to give my best in everything I do. I’m always ambitious when it comes to pursuing my goals; I always believe in my ability, and I can say I’m a good motivator for myself too.

Consistency is a must: be disciplined. Although as a human being, it is normal that sometimes we feel demotivated, lazy or bored. I have some friends who ask me how to build motivation to exercise routinely. If you are also curious, here are some of my tips:

1. Listen to music before and during workout, and choose the upbeat tracks to pump up the energy. I sometimes use headphones, or I just set my phone music loud.

2. Ask your significant other to workout together. When I feel a bit demotivated, daddy bear can be my supporter, and vice versa. If you’re still single, maybe ask your best friend or sibling to join.

3. I like flicking through my own workout videos and pictures. Checking my body progress. It motivates me to work out again! Or, you can keep staring at your old picture when you were still fit(er), that was also what I did after giving birth. I wanted to look good again.

4. Buy more workout outfits! It helps to motivate myself as I feel obligated to wear them. Plus who does not like to pamper themselves with some new outfits, right?

5. I often watch other people’s workout videos. It motivates me a lot, and gives me ideas about how I can improve my own workout routines. 

I hope my tips can help to motivate you, as it works well for me.

ALWAYS REMEMBER, IF I CAN DO IT, SO CAN YOU!
LET’S DO IT!

——————————

Halo teman-teman! Mari kita membicarakan salah satu hal yang menjadi kegemaran saya untuk dilakukan: berolahraga! Saya juga akan membagikan beberapa tips yang mungkin berguna untukmu.

Kami baru saja kembali dari gym di lantai atas apartemen kami. 'Kami', kami bertiga, bukan hanya daddy dan saya sendiri. Izzy telah menjadi bayanganku; dia suka mengikuti saya melakukan rutinitas latihan saya. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa sulit membuatnya lebih gemuk! Bagusnya sekarang kami tidak perlu bepergian untuk ke gym, hanya tinggal menaiki sebuah lift, dan Izzy bisa ikut dengan kami kapan pun.

Saya tidak percaya Izzy sudah berusia 2 seperempat tahun. Sangat sulit untuk menghentikannya menyusui. Ya, saya pelakunya, dia masih menyusu! Dia terkadang meminta ‘boobie’ disaat saya berolahraga. Meski frekuensinya tidak sebanyak itu. Saya berharap dia akan segera berhenti. Namun, saya yakin bahwa menyusui dan merawatnya sendiri memiliki kontribusi terhadap turunnya berat badan saya, serta diet sehat dan olahraga saya. Saya telah kembali berolahraga secara teratur sejak dia berusia 6 bulan, karena saya diberitahu oleh obgyn saya untuk tidak berolahraga berat sampai 6 bulan ke depan karena operasi caesar yang saya lakukan. Daddy dan saya menyewa Pelatih Pribadi (PT, Personal Trainer) untuk masing-masing 30 sesi, yang tidak murah, jadi kami bisa termotivasi untuk bergerak untuk pertama kalinya setelah beberapa saat! Saya mulai hanya dengan dua kali seminggu dengan pengawasan PT saya. Saya terkadang melewatkannya dan hanya pergi ke gym hanya sekali seminggu. Saya ingat bagaimana tidak mudah untuk membangun motivasi dan kembali ke jalur yang benar. Waktu itu saya sering merasa kehilangan motivasi, saya tidak sekuat dulu. Sejujurnya saya agak down, karena saya merasa tidak fit, dan terlihat tidak fit. Metabolisme tubuh saya juga banyak berubah. Meskipun begitu banyak orang memuji saya tentang bagaimana berat badan saya tidak bertambah banyak selama kehamilan dan saya kehilangan berat badan begitu cepat setelahnya. Tapi ketika saya melihat kembali foto-foto saya setelah melahirkan, saya berkata, “oh man! Saya sama sekali tidak terlihat bugar ”. Mungkin orang-orang hanya bersikap baik.  Ha! Berat saya 52/53kg (ingat bahwa tinggi saya hanya 153cm). Jadi saya terlihat lebih gemuk dari sebelumnya, belum lagi saya mengeluarkan banyak ASI, sehingga membuat saya terlihat lebih besar.


Beberapa orang takut menambah berat badan selama kehamilan mereka, tapi itu tidak berlaku untuk saya. Bahkan setelah melahirkan, saya masih makan banyak selama menyusui. Saya tidak pernah benar-benar membatasi makanan saya, bahkan saya makan lebih banyak, karena saya selalu merasa lapar. Saya masih makan apa yang ingin saya makan tanpa khawatir menjadi gemuk. Mungkin saya sedikit terlalu percaya diri dengan genetik saya bahwa saya tidak akan menjadi gemuk, mungkin karena saya tidak pernah menjadi gemuk. Untungnya, sebagian besar berat badan yang saya yang naik jatuh ke Izzy selama kehamilan saya. Oleh karena itu, saya tidak terlihat sebesar itu ketika saya hamil. Satu-satunya bagian tubuh yang terlihat lebih besar adalah perut dan payudara saya (ya, memang lebih besar), ditambah lagi hidung saya terlihat agak bengkak ketika saya mencapai minggu ke-37 dan ke-38. Namun, karena saya makan banyak saat menyusui, nafsu makan saya menjadi gila, dan masalahnya adalah saya tidak berolahraga selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Sedikit yang saya tahu, berat badan saya bertambah, dan itu mengejutkan saya. Izinkan saya menjabarkan siklus fluktuasi bobot saya:

Berat badan saya sebelum hamil adalah 48kg.

Selama kehamilan saya, saya sangat mual, saya banyak muntah selama minggu terakhir trimester pertama sampai trimester kedua awal, berat badan saya turun begitu banyak, turun menjadi 41 sampai 42kg.

Berat badan saya bertambah menjadi 60kg sebelum melahirkan.

Berat badan saya langsung naik menjadi 53kg setelah melahirkan.

Berat badan saya turun beberapa kilogram lagi setelah itu, lalu saya terjebak di 51kg.

Namun, setelah berbulan-bulan, berat badan saya naik kembali menjadi 53kg, itu dimulai pada saat saya tidak diizinkan untuk berolahraga, dan saya menjadi sedikit terbawa suasana.


Pada awal Maret 2019, saya mulai pergi ke gym lagi di sore hari atau di malam hari setelah jam kerja, dan terkadang di akhir pekan (Sabtu). Itu tergantung pada situasi Izzy, apakah memungkinkan saya meninggalkannya atau tidak. Beruntung masih ada tante saya yang terbang dari Sulawesi untuk membantu saya menjaga Izzy dari umur 2 bulan sampai 10 bulan. Saya harus kembali bekerja setelah 3 bulan cuti melahirkan, jadi hal itu sangat membantu. Jadwal gym saya bahkan lebih intens setelah itu, karena saya menambahkan sesi latihan saya di gym kantor saya. Saya mulai pergi ke gym hampir setiap pagi di hari kerja, sekitar pukul 06.30, sebelum saya mulai bekerja. Saya sampai di kantor lebih awal hampir setiap waktu, dan masih menjalani sesi PT saya dua kali dalam seminggu. Saya kembali ke ritme!

Saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari kantor saya ketika Izzy berusia 11 bulan, sebulan setelah tante saya terbang kembali ke Sulawesi. Selama lebih dari sebulan sebelum saya mengundurkan diri, saya bepergian setiap hari dengan Izzy ke rumah saudara laki-laki saya sebelum bekerja, sehingga saya dapat mengantarnya, dan harus menyewa pengasuh anak perempuan saudara laki-laki saya untuk menjaga Izzy juga, lalu pergi bekerja. Saya menjemputnya lagi setelah berkantor, dan kembali ke rumah. Hal itu melelahkan! Saya kemudian harus mengubah jadwal olahraga saya. Setelah saya meninggalkan posisi saya semuanya menjadi lebih mudah. Saya juga sudah tidak memiliki sesi PT di gym lama saya lagi. Kami kemudian memutuskan untuk menutup keanggotaan multi-gym kami dengan semua sesi PT yang telah digunakan. Rasanya waktu itu 2 bulan sebelum pandemi menyerang dunia. Kami lebih memilih berolahraga secara teratur dari rumah dan dari gym apartemen kami. Saat daddy ada dan tidak sibuk, kami bisa bergiliran menjaga Izzy.

Saya senang dengan apa yang telah saya capai sejauh ini, meskipun masih jauh dari sempurna, dan tidak akan pernah sempurna, tetapi saya akan terus berusaha menjadi versi terbaik dari diri saya sendiri.

Mungkin hal itu dikarenakan kepribadian ENTJ-A saya.  Saya selalu memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan. Saya selalu ambisius dalam hal mengejar tujuan saya; Saya selalu percaya pada kemampuan saya, dan saya dapat mengatakan bahwa saya juga menjadi motivator yang baik untuk diri saya sendiri.

Konsistensi adalah suatu keharusan: disiplin. Meskipun sebagai manusia, adalah wajar jika terkadang kita merasa kehilangan motivasi, malas atau bosan. Saya memiliki beberapa teman yang bertanya kepada saya bagaimana membangun motivasi untuk berolahraga rutin. Jika kamu juga penasaran, ini adalah beberapa tips saya:

1. Dengarkan musik sebelum dan selama latihan, dan pilih trek upbeat untuk memompa energi. Saya terkadang menggunakan headphone, atau saya hanya menyetel musik ponsel saya keras-keras.

2. Mintalah pasangan kamu untuk berolahraga bersama. Ketika saya merasa sedikit kehilangan motivasi, daddy bear bisa menjadi penyemangat saya, begitu pula sebaliknya. Jika kamu masih lajang, mungkin mintalah sahabat atau saudara kamu untuk bergabung.

3. Saya suka membolak-balik video-video dan foto-foto latihan saya sendiri. Memeriksa kemajuan tubuh saya. Itu memotivasi saya untuk berolahraga lagi! Atau kamu bisa terus menatap foto lamamu saat kamu masih fit (agak fit), itu juga yang saya lakukan setelah melahirkan. Saya ingin badan saya terlihat bagus lagi.

4. Beli lebih banyak pakaian olahraga! Ini membantu untuk memotivasi diri sendiri karena saya merasa berkewajiban untuk memakainya. Ditambah siapa yang tidak suka memanjakan diri dengan beberapa setelan pakaian baru, bukan?

5. Saya sering menonton video olahraga orang lain. Itu sangat memotivasi saya, dan memberi saya ide tentang bagaimana saya dapat meningkatkan rutinitas latihan saya sendiri.

Saya harap tips saya dapat membantu memotivasi kamu, karena ini bekerja dengan baik untuk saya.

SELALU INGAT, JIKA SAYA BISA MELAKUKANNYA, KAMU BISA JUGA! AYO LAKUKAN!






Comments